BPNB Sumbar dan Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah IAIN Bukittinggi Jalin Kerjasama

0
1160

Padang – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat dan Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukit Tinggi sepakat menjalin kerjasama. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama kedua belah pihak di Kantor BPNB Sumatera Barat. Penandatanganan kesepakatan dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2017 di Ruang Kerja Kepala BPNB Sumatera Barat antara Dekan Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah IAIN Bukittinggi Bapak Dr. Gazali, M.Ag dan Kepala BPNB Sumatera Barat Bapak Drs. Suarman.

Rombongan Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah IAIN Bukittinggi tiba di kantor BPNB Sumatera Barat dan sekitar pukul 09.00 wib sebanyak tujuh orang. Rombongan dipimpin langsung oleh Bapak Dr. Gazali, M.Ag. Rombongan menawarkan kerjasama dalam berbagai program yang berkaitan dengan aspek kesejarahan dan budaya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing lembaga.

Setelah dialog berlangsung dengan lancar, selanjutnya kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerja sama yang erat. Kerjasama dimaksudkan untuk pembangunan budaya di Sumatera Barat khususnya Bukittinggi dan juga berkaitan dengan pengembangan akademik IAIN Bukittinggi.

Bapak Dr. Gazali menegaskan akan selalu siap bekerja sama dengan BPNB Sumatera Barat ketika menjalankan kegiatan di Kota Bukittinggi. Beliau juga berharap kerjasama dari BPNB Sumatera Barat dalam berbagai kegiatan workshop dan kebutuhan akan tenaga narasumber dalam berbagai kegiatan IAIN Bukittinggi.

Menyambut tawaran tersebut, Drs. Suarman menyampaikan bahwa banyak kegiatan yang bisa disinergikan antara BPNB Sumatera Barat dengan IAIN Bukittinggi. Berbagai program internalisasi yang melibatkan mahasiswa, dialog budaya, kajian tentang pengetahuan tradisional dan budaya tradisional menjadi contoh program yang bisa disinergikan. Beliau juga menyampaikan dukungannya dan akan menugaskan pegawai yang kompeten ketika IAIN Bukittinggi membutuhkan narasumber dalam berbagai kegiatan.

Proses dialog dan penjajakan kerjasama ini berakhir dengan penandatanganan kesepakatan bersama serta sertifikat kerjasama antara BPNB Sumatera Barat dan Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah IAIN Bukittinggi. Selanjutnya adalah penyerahan cenderamata dari IAIN Bukittinggi kepada BPNB Sumatera Barat yang langsung diserahkan oleh Bapak Gazali kepada Bapak Suarman.