BPNB Padang Hibur Nagari Sintuk

0
1092

Pembukaan dengan kesenian Gandang Tasa
Pembukaan dengan kesenian Gandang Tasa
Padang Pariaman – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Padang sebagai UPT dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berusaha memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa kesenian tradisional sesungguhnya bisa menjadi hiburan yang tidak kalah menarik dari kesenian modern. Hal itu ditunjukkan BPNB Padang semenjak tahun 2011 dengan selalu mencari dan menampilkan kesenian-kesenian tradisional yang dimiliki oleh masyarakat. Kegiatan ini dinamai dengan ‘Baretong di Hari Tarang’.

Pada tahun 2015 kegiatan yang sama berlangsung di hampir semua kabupaten yang ada di Sumatera Barat. Salah satunya adalah Nagari Sintuk di Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan di Nagari Sintuk ini bersamaan dengan HUT RI yang ke 70. Kegiatan “ Baretong di Hari Tarang “ di Nagari Sintuk berlangsung selama 3 (tiga) hari, dimulai dari tanggal 15 – 17 Agustus di Halaman Kantor Wali Nagari Sintuk.
Pelaksanaan acara diawali dengan sambutan walinagari Sintuk Anasril Nazar yang menyampaikan bahwa masyarakat Nagari menyambut baik terlaksanannya kegiatan yang dilakukan oleh BPNB Padang, apalagi masyarakat nagari Sintuk telah lama tidak menyaksikan kesenian-kesenian tradisional ditampilkan seiring dengan jarangnya “Alek Nagari” di Nagari Sintuk.
Baretong2
Kepala BPNB Padang dalam sambutannya yang disampaikan oleh Ibu Dra. Ernatip menjelaskan bahwa BPNB Padang semenjak 4 tahun ini rutin melaksanakan kegiatan yang menfasilitasi group-group kesenian untuk tampil. Pada awalnya kegiatan ini dilaksanakan di halaman kantor BPNB Padang, namun pada tahun 2015 kegiatan ini dibawa ke daerah-daerah. Untuk tahun 2015, salah satu daerah kami melaksanakan kegiatan ini adalah Nagari Sintuk Kabupaten Padang Pariaman.
Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Camat Sintuk Toboh Gadang Defritos S.Sos. M.Si. Pada kesempatan itu, Camat menyatakan menyambut baik kegiatan ini dan berharap bisa dilaksanakan di setiap nagari dan korong yang ada di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang.
Dalam acara pembukaan tersebut menampilkan kesenian Gadang Tasa dari Korong Rimbo Karanggo, dan penampilan adik-adik dari MDA Raudhatul Ilmi yang menampilkan kesenian Indang dan Tari Indang dibawah sanggar Puti Rendo Sani. Malam selanjutnya menampilkan group Randai Simarantang serta kesenian anak nagari sintuk yaitu Tari Piring dan Tari Randang Kopi sedangkan acara puncak Salung Dangdut.
Baretong3
Malam ke tiga ditutup dengan pemutaran film dengan menampilkan dua buah film bertemakan perjuang yaitu Hati Merdeka dan Merah Putih. Film ini ditetapkan oleh tim dalam rangka menanamkan semangat Nasionalisme terhadap seluruh generasi muda. Bahwa kemerdekaan yang kita rasakan hari ini diraih dengan mengorbankan seluruh jiwa raga para pendahulu kita.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Nagari Sintuk. Hal ini tentu saja memberikan kepuasan tersendiri oleh panitia sebagaimana disampaikan oleh ketua Panitia Hartati Safitri, usaha kami membawa kegiatan jauh dari kantor ternyata memberikan hiburan terhadap masyarakat seperti yang kami saksikan di Nagari Sintuk.

-Mbn-