Maestro Seni Tradisi Menginspirasi Generasi Muda

0
221

Bertempat di Aula Balai Pelestarian Nilai Budaya Sulawesi Selatan (BPNB Sulsel) Makassar, hari ini Selasa 29 Oktober 2019 diselenggarakan kegiatan Bincang Bersama Maestro Seni Tradisi dengan tema “Maestro Seni Tradisi Menginspirasi Generasi Muda”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Diplomasi Budaya bekerja sama dengan BPNB Sulsel. Dialog menghadirkan tiga orang maestro seni tradisi; Maestro Musik Tradisi yaitu Daeng Mile dan Maestro Tari Tradisi yaitu Daeng Manda dan Mak Cida’. Peserta dialog adalah perwakilan pelajar Sekolah Menengah Atas di Kota Makassar.

Direktorat Diplomasi Budaya sebagai penyelenggara diwakili oleh Kasubdit Diplomasi Budaya Dalam Negeri Ibu Yayuk Sri Budi Rahayu, dan dari BPNB Sulsel ada Kepala Balai Bapak Faisal dan Kasubag Tata Usaha ibu Rosdiana. Dalam kegiatan ini Kelapa Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel turut hadir dan membuka acara secara resmi. Ibu Yayuk dalam sambutannya menekankan pentingnya mengenal, mempelajari karya, dan meneladani para maestro. Disampaikan juga bahwa di Indonesia hanya terdapat 95 orang maestro dan 40 di antaranya telah meninggal. Sehingga Maestro yang ada di Indonesia saat ini hanya 55 orang, dan 4 orang di antaranya bermukim di Makassar dan sekitarnya.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari, dibagi dalam tiga sesi, dan dipandu langsung oleh Ibu Yayuk. Sesi Pertama adalah Pengenalan Maestro kepada peserta Bincang Bersama Maestro, yang dilanjutkan dengan penampilan kolaborasi ketiga maestro. Sesi Kedua Tanya Jawab untuk menggali lebih jauh pengalaman dan perjalanan karya masing-masing maestro. Sesi Ketiga Belajar Singkat Bersama Maestro.

TINGGALKAN KOMENTAR