Stasiun Jakartakota: Warisan Budaya yang Minim Informasi

  • Post author:
  • Post category:Berita

1Jakara, 27 November 2014. Tim website kebudayaan.kemdikbud.com perwakilan BPNB Makassar melakukan tugas reportase di sekitara Kota Tua Jakarta. Bersama tim lain, menelusuri jalan menuju stasiun Jakartakota yang dibangun sejak pemerintahan Kolonial Belanda. Tampak kemegahan Stasiun Jakartakota sebagai warisan budaya tidak berdaya ditengah pembangunan dan keramian arus balik penumpang.

Beos, mungkin sebagian besar warga Jakarta masih terasa asing dengan istilah ini. Beos singkatan dari Batavia Ooster Spoorweg Maatshapij (Maskapa Angkutan Kereta Api), sebuah perusahaan swasta yang menghubungkan Batavia dengan Kedunggede. Versi lain dari Beos berasal kata Batavia En Omstreken, yang artinya Batavia dan sekitarnya.

Kini, Beos dikenal dengan nama stasiun Kota Tua Jakarta. Terlepas dari nama dan asal usulnya, Beos atau stasiun kota Tua Jakata telah menjadi saksi sejarah perjalanan panjang Kota Jakarta. Dan sampai sekarang masih menjalankan fungsinya menghubungkan warga kota Jakarta dari satu tempat ke tempat lain. Bahkan Stasiun Kota Jakarta telah ditetapkan sebagai cagar budaya melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475. (more…)

Continue ReadingStasiun Jakartakota: Warisan Budaya yang Minim Informasi

Dialog Interaktif: Film Sebagai Sarana Pembangunan Kebudayaan

  • Post author:
  • Post category:Berita

IMG_5333Makassar, 22 November 2014, BPNB Makassasr kembali melaksanakan kegiatan Pemutaran dan diskusi Film Indonesia. kegiatan ini dihadiri oleh 60 peserta terdiri atas siswa SMA dan SMA Se Sulawesi Selatan dan Komunitas Film se kota Makassar.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian pelaksanakan program tahunan di BPNB Makassar, sesuai dengan visi kami yaitu perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan nilai-nilai budaya kesejarahan dan kebudayaan. Bahwa kegiatan apresiasi film yang dimaksud adalah untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat Indonesia khususnya pada generasi muda di Makassar agar dapat melihat film bukan hanya jalannya cerita, tetapi juga kaidah-kaidah yang terkandung di dalamnya.

Dalam sambutannya, Kepala BPNB Makassar menekankan bahwa industri perfilman kita saat ini, belum sepenuhnya menjadi “tuan rumah di negeri sendiri”, dimana dari berbagai survey diketahui bahwa masyarakat terutama kalangan muda lebih tertarik menonton film-film produksi luar negeri daripada produksi dalam negeri. (more…)

Continue ReadingDialog Interaktif: Film Sebagai Sarana Pembangunan Kebudayaan

Sosialisasi Saka Pramuka Widya Budaya, Menciptakan Generasi Muda yang Tangguh, Cerdas dan Berbudaya

  • Post author:
  • Post category:Berita

IMG_5191Makassar, 20 November 2014, BPNB Makassar menyelenggarakan Sosialisasi Saka Pramuka Widya Bakti. Kegiatan ini dihadiri oleh
Gerakan Pramuka Kota Makassar. Kabapaten Gowa, Maros Pangkep, dan Pare-Pare. Selain dari Gerakan Pramuka, kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah instansi yang terkait dengan pendidikan dan kebudayaan, antara lain, Dinas Pendidikan Kota Makassar, BPNB Makassar, BPCB Makassar.

Kegiatan ini berlangsung di Sekretariat Kwarda Gerakan Pramukan Sulawesi Selatan. Dalam Sambutannya, Kepala BPNB Makassar, menekankan bahwa salah satu bidang pembangunan nasional yang sangat penting dan menjadi fondasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah pembangunan karakter bangsa. Secara filosofis, pembangunan karakter bangsa merupakan sebuah kebutuhan asasi dalam proses berbangsa karena hanya bangsa yang memiliki karakter dan jati diri yang kuat yang akan eksis.

Sosialisasi kegiatan ini dengan menghadirkan Direktur Sejarah dan Nilai Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pembicara. Ia menekankan  bahwa National Character Buliding atau pembangunan karakter bangsa merupakan gagasan besar yang dicetuskan para pendiribangsa karena sebagai bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan nuansa kedaerahan yang kental, bangsa Indonesia membutuhkan kesamaan pandangan tentang budaya dan karakter yang holistik sebagai bangsa. Bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman suku, agama, budaya serta adat istiadat maka pembangunan karakter sangat penting. (more…)

Continue ReadingSosialisasi Saka Pramuka Widya Budaya, Menciptakan Generasi Muda yang Tangguh, Cerdas dan Berbudaya