TRADISI KEMATIAN MASYARAKAT AYAMARU DI KABUPATEN MAYBRAT

0
1176

Nama Penulis : Paul Yaam, Virgo Asmuruf, Dominggus Hassor,

                        Athur Yaam, Yuli  Maniagasi

Tahun Terbit        : 2012

Penerbit               : Konsultan Media, Tangerang

Jumlah halaman  :  69 Halaman

Nomor ISBN         : 13:978-602-971-022-9

Profil Penulis        : Antropolog dan Pelaku Budaya

Buku ini menguraikan tentang upacara kematian yang mempunyai makna kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat Ayamaru. Kearifan llokal yang membentuk nilai komunal sekaigus sebagai hasi ciptaan found fathersnya berupa pengetahuan, ide/filosofi, norma, adat istiadat, teknologi tradisional, dan sebagainya untuk beraktifitas mempertahankan diri dari generasi ke generasi yang perlu dilindungi oleh masyarakat. Upaya ini merupakan cara yang patut diakukan dan diseleksi sehingga melahirkan nilai-nilai positif yang dapat menunjang kehidupan komunal yang terwujud dalam komunitas budaya, komunitas adat,komunitas kepercayaan (religi) dan lainnya.

Berbagai konsep tradisional dalam menyebut kematian diklasifikasikan baik unttuk anak-anak,orang dewasa, waktu serta kedatangan kerabat serta ratapan tangis dengan berbagai cara dengan syair-syair atau simbol-simbol dengan makna tertentu. Demikian pula dengan berbagai persiapan tempat pemakaman, tempat upacara peepasan roh yang meingga dengan yang masih hidup daam suatu tata cara yang kompleks di wilayah hutan.

Bertolak dari potensi keragaman budaya khususnya seperti kajian upacara tradisi kematian dan pemakaman masyarakat Maybrat diharapkan mampu memberikan kesejahteraan, kedamaian dan kemakmuran dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara.