SMP NEGERI 1 SENTANI MENDOMINASI KEGIATAN APRESIASI SENI LUKIS BENDA MUSEUM PAPUA

0
1017

Kegiatan Apresiasi Seni Lukis Benda Museum Budaya Papua yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya yang bertepatan dengan Hut Museum Negeri Provinsi Papua pada tanggal 23 Oktober 2014. Kegiatan Apresiasi Seni Lukis Benda Museum Papua bertujuan meningkatkan kreativitas siswa di bidang seni, menanamkan apresiasi seni khususnya nilai-nilai tradisional yang berakar budaya bangsa, dan pengembangan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global, dan juga sebagai ajang kompetisi antar siswa SLTA se-Kabupaten dan Kota Jayapura,”.
Para siswa di ajak langsung melihat objek budaya yang di pandu oleh beberapa pegawai Museum Negeri Provinsi Papua dalam menjelaskan keberadaan koleksi benda budaya yang akan menjadi objek bagi siswa-siswi dalam mengekspresikan dan memberikan apresiasi terhadap budaya nenek moyang mereka, yang di tuangkan dalam bentuk lukisan.
Hasil lukisan ini dinilai secara langsung oleh para juri yang terdiri dari Drs. Paul Yam (Budayawan/mantan Kepala Museum), Drs. Sukardi (pensiunan Pegawai Museum) dan Ade Trianto (ISBI). Berdasarkan kriteria penilaian yang mendapat nilai tertinggil dalam kegiatan ini mendapatkan hadia yang disiapkan oleh panitia berupa uang pembinaan, tropi dan piagam.
Dari 10 pemenang kegiatan ini dinominasi oleh SMP Negeri 1 Sentani, dan yang keluar sebagai Juara pertama adalah siswa SMP Negeri 1 Sentani atas nama Dhea Lismaria Simanjuntak dengan tema objek budaya kulit kayu suku Sentani.
JUARA
I Dhea Lismaria Simanjuntak SMP Negeri I Sentani
II Ayu Hadijah Aulia SMP Negeri I Sentani
III Serli Oktavia Tajo SMP Negeri II Jayapura
JUARA HARAPAN
I Mafia SMP Negeri I Jayapura
II Desty Rahmadani SMP Negeri I Sentani
III Andi Nur Adli Inrayarda SMP Kartika
IV Amos Morin SMP Negeri I Sentani
V Ganis B Rahayu SMP Negeri II Sentani
VI Dhea Dian Nurfadhila SMP Negeri I Sentani
VII Viamda Putri Londok SMP Kalam Kudus