PERGELARAN BUDAYA NUSANTARA BPNB PAPUA DI TAMAN IMBI KOTA JAYAPURA

0
1182

Jayapura, Setelah sukses menggelar pergelaran budaya nusantara di Kota Sorong Papua Barat, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua kembali menggelar Pergelaran Budaya Nusantara di taman Imbi pusat Kota Jayapura Provinsi Papua.

Kegiatan yang dilaksanakan 14-16 November 2019 ini bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Jayapura dan Komunitas Art Movei  dalam  Numbay Creative Festifal (NCF) kota Jayapura.

Pergelaran Budaya Nusantara tahun ini memasuki tahun ke empat yang digelar BPNB Papua di Kota Jayapura atau di Provinsi Papua dengan mengangkat tema “kami bernyanyi dan menari dari Papua untuk Indonesia”, melibatkan komunitas budaya dan sanggar seni dari Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Pada tahun ini diikuti 32 peserta komunitas dan sanggar yang tampil dalam tiga hari pelaksanaan yaitu pada hari Kamis,14/11/2019 menampilkan 10 tim peserta, hari Jum’at 15/11/2019 menampilkan 10 tim peserta sedangkan pada hari ketiga pelaksanaan menampilkan 13 tim tari.

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua dalam kegiatan yang di kemas dalam  Numbay Creative Festival (NCF)  Kota Jayapura, juga menggelar beberapa kegiatan sebagai pendukungan antara lain, stand pameran buku hasil kajian BPNB Papua,  Aktifasi Permainan Tradisional, Dialog Budaya, Film Dokumenter Budaya dan beberapa kegiatan lainnya seperti  Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah, Lomba Cerita Rakyat dan Film Pendek yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.  Tiga kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Yasmin Kota Jayapura yang puncak acaranya berupa penyerahan hadiah bersamaan dengan penutupan Pergelaran Budaya Nusantara dalam Numbay Creative Festival di taman Imbi pusat kota Jayapura yang ditutup Wakil Walikota Jayapura Ir.H. Rustam Saru.