PEGAWAI LIMA UPT KEMDIKBUD DI JAYAPURA IKUTI UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA

0
609
Upacara Bendera Lima Unit Pelaksana Teknis Kemdikbud di Papua dilaksanakan di Halaman Kantor Balai Bahasa Papua.

Jayapura, Tiap tahunnya 28 Oktober diperingati  sebagai hari Sumpah Pemuda dan tahun 2018  adalah yang ke- 90 (1928 – 2018) dengan mengangkat tema nasional “ Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda tahun ini, lima unit pelaksana teknis  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Papua menggelar upacara bersama di halaman Balai Bahasa Papua, Jl.Yoka Distrik Heram Kota Jayapura.

Peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, bertindak sebagai inspektur  upacara adalah Kasubag Tata Usaha Balai Bahasa Drs, Hengki Rumbewas. Kegiatan Upacara bersama ini diikuti staf dan pimpinan dari masing-masing UPT yaitu, Balai Bahasa Papua, Balai Arkeologi Balar) Papua, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua, BP PAUD DIKMAS Papua dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Papua.

Setelah pengibaran bendera merah putih, inspektur upacara Drs. Hengki Rumbewas membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Selanjutnya dua petugas upacara dari Balai Bahasa membacakan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 serta teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928.

Selaku Inspektur Upacara, Kasubag Balai Bahasa membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga RI yang bertema sentral “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” yang intinya pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang berkiprah dieranya, merawat kebhinekaan dan teguh mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rangkaian upacara Sumpah Pemuda di akhiri dengan pembacaan doa  dilanjutkan laporan komandan upacara sebagai akhir rangkaian upacara dan selanjutnya komandan upacara  membubarkan barisan.