MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN MENGUNJUNGI KAMPUNG ADAT HERAM AYAFO KABUPATEN JAYAPURA

0
974
Menteri Muhadjir Effendy mengunjungi Kampung Adat Heram Ayafo Kabupaten Jayapura, Penerima Bantuan Revitaliasi Desa Adat

Jayapura, Setelah sehari sebelumnya  melakukan kunjungan ke Merauke, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) Prof.Muhadjir Effendy, bersama rombongan pada hari Jum’at (7.10.2016) melanjutkan kunjungan di Kabupaten Jayapura. Dalam rangkaian kunjungannya di kabupaten Jayapura mendikbud Muhadjir Efendy mengunjungi Kampung Adat Heram Ayafo yang didampingi oleh Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awaitouw dan anggota DPD RI dari Papua Pdt. Charles Simaremare,S.Th. Kampung Ayapo yang letaknya dipinggiran danau Sentani ini  secara administrasi termasuk dalam wilayah Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura.Untuk mencapai kampung  ini menteri bersama rombongan harus  menyeberangi danau Sentani  dengan menggunakan kapal Onomi milik Pemda Kabupaten Jayapura dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Kampung  Heram Ayafo  setelah diverifikasi dan dinyatakan lolos oleh tim dari Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi bersama Balai Pelestarian Nilai Budaya Jayapura pada tahun 2015 kampung adat Heram Ayafo  mendapat dana bantuan pemerintah dalam program Revitalisasi Desa Adat (RDA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi yang difasilitasi oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jayapura sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di daerah dengan wilayah kerja mencakup Provinsi Papua dan Papua Barat.

Saat kunjungan  menteri melihat secara langsung pendopo rumah adat “Rarabhe Obhe” kampung Adat Heram Ayapo yang difasilitasi melalui program revitalisasi desa adat dan mengunjungi fasilitas pendidikan di Kampung Ayapo seperti Sekolah dan rumah guru dengan diiringi music tradisional suling tambur. Pemberian bantuan revitalisasi desa adat dimaksudkan atau bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kualitas keberadaan desa-desa adat dalam rangka pelestarian kebudayaan serta penguatan karakter dan jatidiri bangsa. Sebelum berkunjung ke Kampung Adat Heram Ayafo, setelah melaksanakan shalat Jum’at, mendikbud Muhadjir Efenddy  mencanangkan  Program Penguatan Pendidikan Karakter  dan pencairan dana Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang bertempat di  Sekolah Dasar Inpres Kampung Harapan Distrik Sentani Timur.