MEMPERKENALKAN SENI BUDAYA PAPUA MELALUI APRESIASI SENI LUKIS BENDA MUSEUM PAPUA.

0
1710

Dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2014, Balai Pelestaran Nilai Budaya Jayapura-Papua kembali melaksanakan kegiatan Apresiasi Seni Lukis Benda Museum Budaya Papua. Kegiatan ini dilaksanakan di Museum Negeri Provinsi Papua pada tanggal 23 Oktober 2014.
Kegiatan apresiasi seni lukis benda museum budaya papua dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Jayapura-Papua yang lokasi pelaksanaannya di Museum Negeri Provinsi Papua. Museum dipandang sebagai salah satu sumber pembelajaran, sebagai lembaga yang menyimpan, memelihara serta memamerkan hasil karya, cipta dan karsa manusia sepanjang zaman, museum merupakan tempat yang tepat sebagai sumber pembelajaran bagi kalangan pendidikan, karena melalui benda yang dipamerkannya pengunjung dapat belajar tentang berbagai hal berkenaan dengan nilai, perhatian serta peri kehidupan manusia. Sasaran kegiatan ini adalah siswa-siswi tingkat sekolah menengah pertama se-Kabupaten dan Kota Jayapura yang diikuti oleh 85 siswa-siswi SLTP dari 19 sekolah se-Kabupaten dan Kota Jayapura.
Dalam sambutan kepala BPNB Jayapura-Papua, Apolos Marisan, S.Sos mengatakan kebudayaan dan kesenian sebagai salah satu unsur terpenting di peradaban modern sekarang. Ini merupakan faktor pendorong pertumbuhan di segala bidang kehidupan. Sehingga siswa harus dididik, diarahkan, dan dibimbing sejak dini agar pandai memilih dan memilah kebudayaan mana yang sesuai kepribadian bangsa indonesia. Dimana kita ketahui bahwa sistem pendidikan nasional indonesia bertujuan membangun sumber daya manusia indonesia yang mengarah ke pembentukan manusia seutuhnya dan dapat memberikan kontribusi besar pembentukan jati diri yang berakar pada budaya bangsa.