LAWATAN SEJARAH DAERAH BPNB PAPUA DI KOTA SORONG

0
746
Kegiatan Lawatan Sejarah Daerah
Torus Sibagariang,S.IP Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Sorong Saat Membuka Lawatan Sejarah Daerah di dampingi Kepala BPNB Papua-Papua Barat Dessy P. Usmany SS

Jayapura, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua – Papua Barat  menggelar lawatan sejarah tingkat daerah (Laseda) pada Rabu 4 – 6 April 2018. Lawatan sejarah daerah tahun ini dilaksanakan di Kota Sorong Papua Barat bertempat di Hotel Paparisa Manise dan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Sorong Torus Sibagariang, S.IP yang didampingi Kepala BPNB Papua – Papua Barat Dessy P. Usmany, SS  . Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan pemaparan materi sejarah dan penjelasan  teknis pelaksanaan kegiatan Lawatan Sejarah Daerah (Laseda).   Kegiatan Laseda ini melibatkan para siswa-siswi SLTA bersama guru pendamping dari sekolah yang diundang. Para siswa dan guru pendamping  mengunjungi beberapa situs sejarah yang ada di kota Sorong seperti tugu pepera, lapangan hoki dan pulau Doom. Dengan membawa para siswa dan guru sejarah lansung  ke lokasi situs dan mendapat penjelasan dari pelaku sejarah diharapkan mereka dapat  menambah wawasan sejarah daerah, mengetahui keberadaan situs-situs sejarah yang ada di kota Sorong , sehingga para siswa  mampu memahami, mengerti serta mengambil nilai pesan yang disampaikan pelaku sejarah berkaitan dengan peristiwa situs sejarah tersebut.

Hasil lawatan ke beberapa situs sejarah selanjutnya  dipaparkan tiap kelompok  yang telah dibentuk  dengan bimbingan dari para guru pendamping sehingga terseleksi beberapa siswa dan seorang guru pendamping. Lawatan Sejarah Daerah merupakan agenda kegiatan tahunan BPNB Papua-Papua Barat yang digelar secara regional di tingkat daerah secara bergilir di Provinsi Papua dan Papua Barat. Mereka yang terseleksi akan mewakili ke Lawatan Sejarah tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yang akan dilaksanakan  27 April – 1 Mei 2018 di Banda Aceh.

Dari kegiatan Laseda 2018 terseleksi ; 1) Anjelly Selwani Papuanita Way (SMA Negeri 4 Kota Sorong), 2) Stevaldo Patiran (SMA Negeri 4 Kota Sorong)  3) Ave Lucia Nadek (SMA YPPK Agustinus Kota Sorong) 4) Otscard Joan Felix Safkaur (SMA Negeri 3 Kota Sorong) 5) Safitri Paras Shadira (SMA Averos Kota Sorong) 6) Samuel Genius Sidabulak (SMA Negeri 3 Kota Sorong) dengan guru pendamping Katija Hutahaean,S.Pd dari SMA Negeri 3 Kota Sorong.