KEPALA BPNB PAPUA MEMBUKA SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA

0
283

KEPALA BPNB PAPUA MEMBUKA SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA

Jayapura, Bertempat di Grand Abe Hotel Abepura Kota Jayapura, Kamis 13/02/2020 Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua melaksanakan kegiatan Seminar Proposal Penelitian Sejarah dan Budaya. Kepala BPNB Papua Dessy Polla Usmany,S.S saat membuka kegiatan menyampaikan beberapa hal berkaitan tugas dan fungsi BPNB dengan fungsi pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan hasil penelitian dengan fokus pada 10 objek pemajuan kebudayaan  sesuai dengan amanat  Undang-Undang No.5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Harapan beliau dari para narasumber dan peserta komunitas sebagai masukan penting dalam pendukungan penulisan dengan fokus judul-judul yang disampaikan.

Teknis seminar proposal, pemaparan materi proposal dan diskusi kelompok sesuai dengan lokasi penelitian. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang terbagi dalam empat sesi. Pada sesi pertama “ Samratulangi dan Pergerakan Merah Putih di Kepulauan Yapen”, “Perkembangan Serui Sebagai Kota Pendidikan (1923-1963)”, “Peran JVVS Dalam Meningkatkan SDM Orang Papua di Kampung Yoka” dan Pertumbuhan Nasionalisme Indonesia di antara Orang Papua di Kaimana (1945-1969).

Pada sesi kedua, “ Tradisi Homam/Kholo Pada masyarakat Sentani”, “Rumah Adat Orang Isirawa di Kampung Kasukwe”. Materi sesi ketiga “Proses Pembakaran Mayat Orang Lanny di Lanny Jaya”, dan “Manibob Mitra Dagang Tradisi di Kepulauan Yapen”,” Tradisi Berkabubg Orang Mee”. Sedangkan pada sesi keempat “Pengetahuan Tradisional Orang Matbat tentang Tata Ruang Kemaritiman di Kampung Temulol Raja Ampat”, “Akulturasi Budaya Islam Dalam Geliat Kehidupan Masyarakat Misool di Kampung Fafanlap” dan Mitos Gunung Nabi di Kaimana.