KEMAH BUDAYA DAERAH KE-VIII KAB. SORONG

0
2120

Salah satu upaya untuk Membentuk Karakter Dan Budi Pekerti  Sebagai Jati Diri Bangsa, maka BPNB Jayapura-Papua melaksanakan Kemah Budaya Daerah yang Ke-VIII yang tahun 2013 dilaksanakan di Prov.Papua Barat yang akan dipusatkan di Kabupaten Sorong bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong dan Gerakan Pramuka Kwartir cabang 3302 kabupaten Sorong.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 Hari dari tanggal 23 s/d 26 September 2013 di Lokasi Buper Kab. Sorong. Kemah Budaya Daerah Ke-VIII dibuka Oleh Suka Harjono selaku Wakil Bupati Kabupaten Sorong pada tanggal 23 September 2013 pukul 09.00 WIT.

Sasaran Kegiatan Kemah budaya daerah adalah generasi muda, khususnya Kwartir Cabang Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Tambraw, Raja Ampat dan kota Sorong. Alasan gerakan Pramuka yang menjadi objek sasaran disebabkan Gerakan Pramuka dipandang sebagai Wadah pembinaan pembentukan Karakter dan budi pekerti Generasi muda yang strategis dalam rangka upaya penanaman nilai-nilai budaya daerah karena teruji kemandiriannya, maju, visioner, dan berkembang pesat dari waktu ke waktu menembus perbedaan Ras, Suku, dan Agama sebagai jatidiri bangsa yang luhur. Sesuai dengan Tema : ”Gerakan Pramuka  Maju Bersama Melestarikan Budaya Daerah Untuk Membentuk Karakter Dan Budi Pekerti  Sebagai Jati Diri Bangsa

Tujuan dilaksanakannya Kemah Budaya Daerah Papua  tahun 2013 adalah :

  1. Menanamkan nilai-nilai budaya daerah Papua   kepada gerakan Pramuka (Generasi bangsa) guna maju melestarikan budayanya sendiri
  2. Menumbuhkembangkan rasa cinta, bangga dan tekat dalam melestarikan budaya daerah sebagai Jatidiri bangsa.
  3. Membentuk Karakter dan Budi Pekerti Generasi muda, Khususnya Pramuka yang  berkepribadian luhur sesuai dengan semboyan Pramuka Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”

 

Dengan harapan Peserta Kemah Budaya Daerah dapat meningkatkan, (a). Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b). Pengetahuan, Pengamalan, terhadap Tuhan Yang Maha Esa, (c). Rasa Persaudaraan, Persatuan dan Kesatuan sebagai jatidiri bangsa, (d). Tekad mempelajari, mengembangkan dan melestarikan budaya bangsa dalam membentuk Karekter dan Budi pekerti Bangsa.

Materi Kemah Budaya Daerah Ke-VIII antara lain;

  1. Permainan Tradisional
  2. Seni Tari Tradisional
  3. Seni Musik Tradisional
  4. Kuliner Tradisional
  5. Karnaval Budaya
  6. Jelajah Budaya
  7. Penyuluhan Budaya
  8. Bhakti Sosial
  9. Kegiatan Kepramukaan

    Kemah Budaya Daerah VIII Kab. Sorong
    Kemah Budaya Daerah VIII Kab. Sorong