BPNB PAPUA MENGGELAR RAPAT TEKNIS BIDANG KEBUDAYAAN TAHUN 2021

0
347
Plt. Kepala BPNB Papua Dessy Polla Usmany,S.S Menyampaikan sambutan saat membuka Rapat Teknis Bidang Kebudayaan tahun 2021 di Hotel Horison Kotaraja (26/04/21).

Jayapura, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua menyelenggarakan Rapat Teknis Antar Instansi terkait Bidang Kebudayaan tahun 2021 pada Senin, 26 April 2021. Rapat yang digelar di Hotel Horison Kotaraja ini di buka oleh Plt Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua Dessy Polla Usmany,S.S.

Rapat teknis dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Papua, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, ,perwakilan Dinas kebudayaan dari Kabupaten Mamberamo Raya, perwakilan Dinas Kebudayaan Kabupaten Lany Jaya, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Keerom. Selain perwakilan dari dinas terkait juga hadir dari Program Studi Sejarah dan Program Studi Antropologi Universitas Cenderawasih  dan Insitut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua serta unit teknis Kementerian dan Kebudayaan di Papua seperti Balai Arkeologi Papua dan Balai Bahasa Papua selain itu hadir juga pelaku-pelaku budaya dan masyarakat adat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Jayapura.

Secara teknis rapat dilaksanakan dalam dua tahap dengan pemaparan materi dan pembentukan tim teknis yang merumuskan rekomendasi dengan tujuan mendorong pemajuan kebudayaan di tanah Papua.

Dalam pemaparan materi terbagi dalam dua sesi yang dipandu oleh moderator saudara Maturbongs dari Balai Bahasa Papua. Pada sesi pertama secara pleno menghadirkan pembawa materi dari Kanwil Hukum dan Ham Papua yang memaparkan materi bagaimana peran kekayaan intelektual dalam mendorong daya saing investasi, dilanjutkan dengan pemateri Kepala Balai Arkeologi Papua I Gusti Made Sudarmika yang memaparkan pemanfaatan dan pengelolaan cagar budaya dalam upaya Pemajuan Kebudayaan dan Dessy Polla Usmany dari BPNB Papua yang memaparkan program-program kegiatan bidang budaya dengan mengangkat beberapa program unggulan di Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh BPNB Papua sebagai unit pelaksana teknis dengan wilayah kerjan mencakup Provinsi Papua dan Papua Barat. Sedangkan pada sesi kedua menghadirkan dua pembicara yaitu John NR Gobai anggota DPR Papua dan DR. AE.Dumatubun.

Setelah pemaparan dan berbagai tanggapan, dilanjutkan dengan rapat tim teknis untuk merumuskan rekomendasi dalam rapat teknis yang mengangkat tema “Membangun Sinergitas Bersama Dalam Rangka Pemajuan Kebudayaan Papua”.