BPNB PAPUA MENGGELAR LOMBA TARI YOSPAN

0
623
Penyerahan Hadiah Hasil Lomba Yosim Pancar BPNB Papua

Jayapura,(30/06/2022) Sebagai upaya pembinaan dan menggerakkan komunitas budaya/sanggar seni  yang ada di kabupaten dan kota Jayapura, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua tahun ini kembali menggelar Lomba Tari Yosim Pancar (Yospan). Pada tahun ini lomba Yosim Pancar diikuti oleh 20 Komunitas Sanggar  Seni di Kabupaten dan Kota Jayapura yang dilaksanakan di halaman Kantor BPNB Papua Puncak Isele Waena Kampung Distrik Heram Kota Jayapura. Kegiatan lomba digelar dua hari 29-30 Juni. Pada hari pertama perlombaan setelah dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua Dessy Polla Usmany,S.S tampil 10 tim peserta lomba sesuai dengan no undian 01 sampai 10. Hari kedua tampil 10 tim peserta lomba dari no undian 11 sampai 20. Setelah tampilan 10 tim peserta lomba undian 11 sampai 20 dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba oleh dewan juri yang di ketuai oleh Rudi Modouw,SE merangkap sebagai anggota, Anni Yawan, A.Md.Par dan Jefry Nendisa, S.Sn.

Tari Yosim Pancar atau populer dengan Yospan adalah tari pergaulan masyarakat di tanah Papua. Tarian ini terinspirasi dari gerak dasar tari beberapa kelompok suku di tanah Papua. Yospan telah di tetapkan sebagai warisan budaya nasional bersama beberapa mata budaya di Papua dan Papua Barat. Kegiatan lomba tari pergaulan Yosim Pancar (Yospan) adalah satu bentuk tanggung jawab BPNB Papua dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni khususnya tari dan pembinaan dengan terus menggerakkan komunitas sanggar seni yang adalah ujung tombak pemajuan kebudayaan yang ada di tanah Papua terkhusus di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Peserta Lomba Tampilan Hari Pertama :

01 Sanggar Simamta, 02 Sanggar Mahikay, 03 Karang Taruna Waena, 04 Sanggar Manisarana Hamadi, 05 Sanggar Inauri, 06 Sanggar Hen Tecahi,07 Sanggar Phulakhoy, 08 Sanggar Seni Rawory,09 Sanggar Anggrek Papua, 10 Sanggar Vans Palara Jr.

Peserta Lomba Tampilan Hari Kedua:

11 Sanggar Iriani, 12 Sanggar Seni Bintang Fajar Yoka, 13 Sanggar Sadaka, 14 Sanggar Jass Kota Baru,15 Sanggar Remaja Jalkes,16 Sanggar Pioner Beefak

17 Sanggar River,18 Sanggar Phukouwfaa,19 Sanggar Remkes Dok 2, 20 Sanggar Yeabhu

Setelah tampilan 10 peserta dihari kedua dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba oleh dewan juri yang dibacakan oleh Ibu Anni Yawan dan penyerahan hadiah.

Hasil Lomba Tari Yosim pancar (Yospan) BPNB Papua tanun 2022 :

Juara I    10 Sanggar Vans Palara Jr

Juara II   06 Sanggar Hen Tecahi

Juara III  02 Sanggar Mahikay

Juara Harapan I   14 Sanggar Jass Kota Baru

Juara Harapan II  11 Sanggar Iriani,

Juara Harapan III 18 Sanggar Phukouwfaa