BAHAS REVITALISASI KAMPUNG ADAT, BIDANG KEBUDAYAAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN FAKFAK AUDIENS DENGAN BPNB  PAPUA DI JAYAPURA

0
671
Kabid Kebudayaan Disparbud Kabupaten Fakfak Marthen Ronald Wouw bersama Dessy Polla Usmany,S.S Plt Kepala BPNB Papua Foto Bersama Setelah Audiens

Jayapura, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua menerima kunjungan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaaan Kabupaten Fak Fak Provinsi Papua Barat, Selasa, 12 Juli  2022.

Kunjungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Fak Fak ke Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua di Puncak Isele Waena Kampung, Heram Kota Jayapura ini dalam rangka audiens terkait program strategis dalam penguatan masyarakat adat terkhusus Revitalisasi Kampung Adat di Kabupaten Fak Fak Provinsi Papua Barat.

Adapun kegiatan yang berlangsung di ruang pertemuan kantor BPNB Papua dihadiri tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fak Fak dipimpin Ka. Bidang Kebudayaan Marthen Ronald Wouw  didampingi Kasie Sejarah, Tradisi, dan Kesenian Fredy Warpopor, Kasie Tenaga Kebudayaan Anie Nurcholiyah dan Percila Adopak staf bidang kebudayaan. Hadir dari Kantor BPNB Papua Dessy Polla Usmany, S.S selaku plt Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua bersama beberapa orang staf Pamong Budaya kantor BPNB Papua.

Dari hasil audiens kunjungan di Kantor BPNB Papua yang berjalan penuh keakraban, disepakati beberapa point penting antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fak Fak dan Kantor BPNB Papua sebagai unit pelaksana teknis Kemdikbud yang wilayah kerjanya mencakup Provinsi Papua dan Papua Barat terkait dengan program Revitalisasi Kampung Adat sebagai langkah strategis dalam upaya pemajuan objek kebudayaan di kabupaten  Fak Fak Provinsi Papua Barat sesuai dengan amanat UU No. 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Nantinya sebagai langkah awal dijajaki adanya Mou antara Disbudpar Kabupaten Fak Fak dan Kantor BPNB Papua terkait pendampingan program Revitalisasi Kampung Adat di Kabupaten Fak Fak.

Kunjungan rombongan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang dipimpin oleh Kabid Kebudayaan ini direncanakan juga beberapa hari ke depan akan mengunjungi beberapa kampung  adat dan sekolah adat Kampung Hobong  di Kabupaten Jayapura dan Desa wisata di Kota Jayapura.