ASISTEN III SETDA PROVINSI PAPUA MEMBUKA RAPAT KOORDINASI ANTAR INSTANSI TERKAIT KESELARASAN PROGRAM KERJA BPNB PAPUA TAHUN 2022

0
727
Sambutan Asisten III Setda Provinsi Papua Saat Membuka Rapat Koordinasi Antar Instansi Terkait Dalam Keselarasan Program Kerja BPNB Papua tahun 2022 di Hotel Horison Kotaraja (Senin,25/07/2022)

Jayapura, Asisten III Bidang Umum Setda Provinsi Papua Y Derek Hegemur membuka Rapat Koordinasi Antar Instansi Terkait Dalam Keselarasan Program Kerja BPNB Papua Tahun 2022 di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Senin (25/07/2022). Pembukaan rapat koordinasi antar instansi ini dihadiri oleh para Kepala Bidang Kebudayaan dan Kepala Dinas terkait se-tanah Papua, Provinsi Papua dan Papua Barat.Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari 25-27 Juli 2022.

Rapat koordinasi terkait keselarasan program BPNB Papua ini sengaja mengambil  fokus pada Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) dengan mengangkat tema PPKD Sebagai Upaya Pemajuan Kebudayaan Daerah dan Nasional. Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua yang wilayah kerjanya mencakup Provinsi Papua dan Papua Barat menyadari dan menganggap hal ini begitu penting terkait pokok pikiran kebudayaan daerah sebagai data base dalam desain besar pemajuan kebudayaan sesuai dengan amanat UU nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan baik di daerah maupun nasional, maka di anggap perlu adanya sinkronisasi dan pendalaman terkait dengan hal teknis penyusunan pokok pikiran kebudayaan daerah (ppkd) di tiap kabupaten dan kota di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Y. Derek Hegemur selaku asisten III bidang umum setda provinsi Papua dalam mewakili Sekda Papua dalam sambutannya membacakan sambutan gubernur Lukas Enembe gubernur Provinsi Papua yang secara garis besar menyampaikan sebagai manusia yang berbudaya, kebudayaan merupakan hal yang hakiki dan sebagai manusia yang berbudaya menjadi dasar nilai dalam lingkungan pergaulan maka perlu memahami dan mencintai nilai budaya Papua dengan membangun tanpa harus menghilangkan nilai-nilai budaya Papua yang  unik, beragam  sebagai akar sejarah dan budaya sebagai sebuah kekayaan bagi Papua, sehingga perlu adanya sebuah dokumen yang mampu memetakan sebaran budaya yang ada di Papua yang ke depannya nanti dapat dibaca generasi-generasi yang akan datang. Sehingga dianggap pentingnya ppkd bagi kemajuan kebudayaan di Papua.

Setelah menyampaikan sambutan, asisten III setda Provinsi Papua  memukul tifa menandai dibukanya kegiatan Rapat Koordinasi Antar Instansi Terkait Dalam Keselarasan Program Kerja BPNB Papua secara resmi dibuka. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bappenas dan Kementerian Dalam Negeri (Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah III, Ditjen Bina Pembangunan Daerah) yang dipaparkan secara live melalui zoom meeting yang dipandu oleh Dr. Hanro Y Lekito, M.Si sebagai moderator yang keseharianya sebagai dosen Antropologi di Universitas Cenderawasih Jayapura.