30 KOMUNITAS BUDAYA DIPASTIKAN TAMPIL PADA PERGELARAN BUDAYA NUSANTARA DI PANTAI WISATA KHALKHOTE

0
200
Pergelaran Budaya Nusantara Tahun 2022 di Pantai Wisata Khalkhote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, 28-30 Juli 2022.

Jayapura, Pergelaran Budaya Nusantara merupakan agenda tahunan program kerja Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Papua dengan memfasiltasi komunitas budaya untuk menampilkan tarian dan nyanyian dalam upaya pelestarian nilai budaya juga bentuk apresiasi terhadap kebudayaan daerah. Pagelaran budaya yang pada tahun ini mengangkat tema “Harmoni Budaya Mempersatukan Bangsa” diadakan selama tiga hari 28-30 Juli 2022 di Pantai Wisata Khalkhote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura diikuti oleh 30 komunitas budaya (kombud) pelaku seni di Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Agenda kegiatan selain pergelaran budaya nusantara yang menampilkan tarian dan seni musik tradisi juga pameran dan pembagian buku hasil kajian dari BPNB Papua dan video dokumenter beberapa mata budaya kebudayaan di tanah Papua.

Pergelaran budaya hari pertama Kamis 28 Juli 2022 atau hari pertama, setelah acara pembukaan akan tampil 10 komunitas budaya sanggar seni. Pada hari kedua akan tampil 10 komunitas budaya sanggar seni dan hari ke tiga Sabtu 30 Juli 2022 akan tampil 10 komunitas budaya sanggar seni dan sekagus acara penutupan pergelaran budaya nusantara tahun 2022 di pantai wisata Khalkhote Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Waktu pergelaran selama tiga hari di mulai tepat pukul 14.00 WIT sampai selesai.

Panitia mengajak para seniman dan pemerhati seni budaya Papua khususnya mereka yang pernah menerima program fasilitasi nilai budaya dari BPNB Papua dan juga dari pusat untuk terlibat dengan menyaksikan pergelaran budaya nusantara sebagai ruang ekspresi karya seni, sebagai perekat dalam satu gerak irama seni musik dan tari, dan diskusi dalam upaya pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan daerah Papua khususnya di Keerom, Kota Jayapura dan Sentani Kabupaten Jayapura.