Semarak Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh: Wujudkan Semangat Kebangsaan Untuk Pemajuan Kebudayaan”

0
138

BPNB Provinisi Maluku kembali melakukan serangkaian semarak memperingati kemerdekaan Indonesia yang selenggarakan pada tanggal 24-27 Agustus 2021. Kegiatan yang dilakukan kali ini agak berbeda dengan kegiatan peringatan HUT RI sebelumnya karena dibatasi oleh pandemi Covid-19 yang memaksa seluruh aktivitas dibatasi. Namun bukan menjadi persoalan bagi BPNB Provinsi Maluku untuk terus berupaya memajukan kebudayaan sesuai dengan amanat UU Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Dilansir dari kutipan kepala BPNB Provinsi Maluku, Drs. Rusli Manorek lewat sambutan sekaligus membuka kegiatan pagelaran seni, Manorek menjelaskan bahwa “Kita mengemas secara kekinian bagi generasi muda sehingga mereka memiliki semangat hingga turun temurun”. Dalam upaya membangunkan semangat generasi muda, BPNB Provinsi Maluku menghadirkan beberapa kelompok seni dan budaya untuk menampilkan Tari Maku-maku, Tari Seka, Tari Modern-Arabian, dan juga panampilan dari Tesya Latumahina yang menghibur seluruh tamu undangan.

Dihadiri oleh Kepala Balai Arkeologi Maluku, Kepala Kantor Bahasa Maluku dan juga Kepala LPMP Maluku, BPNB Provinsi Maluku juga gelar festival Kuliner Tradisional Maluku yang menghadirkan 10 kelompok dengan menyajikan makanan yang berbeda. Dengan berbagai macam cita rasa dari pelosok Timur Indonesia, Bakar Batu, Sagu Gula Merah, Papeda Ikan Kuah Kuning, bahkan jajanan khas Maluku menjadi andalan yang menggelegar lidah tamu yang menghadiri semarak kemerdekaan tahun 2021 ini.

Bukan hanya itu, demi mempererat semangat kekeluargaan dan rasa saling memiliki, secara internal BPNB Provinsi Maluku juga mengadakan lomba Tenis Meja dan lomba Tusuk Paku dalam Botol. Kegiatan ini merupakan perpaduan olahraga dengan sentuhan tradsional yang diikuti oleh seluruh pegawai dan keluarga dalam semanagat kemerdekaan. “Kita bangun semangat kekeluargaan lewat kegiatan seperti ini (permainan tradisional dan olahraga) agar menambah semangat kerja dan kekeluargaan kita semakin erat terjaga”, Imbuh Kepala BPNB Provinsi Maluku sembai makan bersama dengan sluruh pegawai.
MT.