Kegiatan Bedah Proposal Penelitian Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku Tahun 2020

0
365


Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku melakukan Bedah Proposal Penelitian BPNB Maluku tahun 2020 di Aula Pertemuan Kantor BPNb Maluku, Sabtu, 15 Februari 2020.

Tahun ini, BPNB Maluku akan melakukan 7 penelitian yakni Dunia Maritim Orang Saparua di Maluku Tengah, Pengelolaan Lingkungan Laut dalam Tradisi Orang Kei, Canga dalam Tradisi Budaya Orang Tobelo, Kosmologi Orang-orang Bajo di Bacan, Marsela dalam Catatan Etnografi, Kisar: Sistem Sosial Budaya Masyarakat Perbatasan, serta Kepulauan Sula dalam Prespektif Sejarah.

Kegiatan Bedah Proposal Penelitian diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Akademisi Universitas Pattimura, Mahasiswa, UPT Kemendikbud di Kota Ambon. Dibagi tiga sesi pemaparan, pemateri mempresentasi proposal penelitian dan diberikan kesempatan kepada Narasumber Ahli untuk bersama membedah proposal penelitian yang akan dilakukan saat terjun ke lapangan.

Kegiatan Bedah Proposal diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil penelitian yang sejalan dengan pengembangan metodologi dan kesamaan konsep penelitian, meningkatnya pengembangan isu-isu penelitian yang berkaitan dengan penelitian lapangan, serta peningkatan gaya penelitian dan berbagi masalah penelitian lapangan antarpeneliti dan narasumber.

Marchian 2020