Harmoni Budaya BPNB Maluku Tahun 2020

0
304

Masih dalam suasana pandemi Covid-19, BPNB Maluku terus bersinergi dalam melakukan pelestarian nilai budaya terlebih lagi dengan adanya pandemi ini membuat semua aktivitas yang dulunya bertatap muka sekarang berjumpa secara visual. Untuk itu, BPNB Maluku sangat prihatin dengan komunitas seni dan budaya yang tetap berkarya meskipun dalam kondisi yang tidak memungkinkan.

Harmoni Budaya Maluku 2020 yang diadakan BPNB Maluku yang didalamnya konser virtual, pameran budaya dan gelar wicara yang tetap menggunakan media virtual sebagai titik jumpa BPNB Maluku, Komunitas seni dan budaya dan juga masyarakat.

Konser virtual yang diadakan mengundang beberapa komunitas seni dan budaya hingga penyampaian musikalisasi puisi. Hal ini yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat terutama komunitas seni dan budaya ditengah pandemi Covid-19, Imbus kepala balai, Drs. Rusli Manorek sembari menutup kegiatan konser virtual.

Sejalan dengan konser virtual, di halaman parkiran BPNB Maluku juga ditampilkan pameran tentang sejarah, musik tradisional bahkan jalur rempah di Banda. Mezak Wakim, selaku Peneliti Muda BPNB Maluku dengan lihai menyampaikan hal-hal menarik yang sudah dicapai oleh balai dan diharapkan BPNB Maluku dapat menjadi pusat data sejarah, seni dan budaya hingga nilai-nilai tradisional lainnya.

Pada puncak Harmoni Budaya Maluku 2020, BPNB Maluku menggelar Gelar Wicara yang mengundang Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru untuk menjawab kebudayaan, kreativitas dan perubahan sosial menuju kenormalan baru: Suara-suara dari bawah, bersama dengan Drs. Rusli Manorek dan David Rampisela, selaku perwakilan seniman kota Ambon yang dipandu oleh Falantino Latupapua, Dosen FKIP Bahasa Indonesia Unpatti.

Seluruh rangkaian ditayangkan langsung lewat kanal youtube BPNB Maluku.