BPNB Maluku gelar Jetrada Maluku Utara 2019 di Maba, Halmahera Timur

0
1446
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Timur membuka secara resmi kegiatan Jetrada Haltim 2019

Maba- Balai Pelestarian Nilai Budaya Maluku melaksanakan program Jejak Tradisi Daerah Maluku Utara Tahun 2019 di ibukota Halmahera Timur, Maba selama 2 hari 11-12 April 2019.  Jetrada tahun ini mengusung tema “Menggali potensi kebudayaan di Halmahera Timur Bagi Pembangunan Karakter Generasi Muda”.  Kegiatan ini diiukuti oleh siswa-siswi SMU/SMK/MA  yang ada di Maba, Kabupaten Halmahera Timur dengan didampingi 1 guru penadamping dari masing-masing sekolah. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Timur, Hardi Musa, S.Pd, MA membuka secara resmi kegiatan Jetrada Maluku Utara Tahun 2019.

Peserta Jetrada berbincang-bincang dengan Pelestari Tari Coka Iba

Peserta Jetrada Halmahera Timur pada hari pertama setelah menerima pembekalan materi dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Haltim dan Kepala BPNB Maluku, melakukan kunjungan ke empat (4) objek tradisi di Kabupaten Halmahera Timur. Kunjungan pertama para peserta ke Desa Buli Asal, peserta berbincang langsung dengan suku asli Buli Asal untuk mengenal rumah tradisional milik tokoh legenda suku Buli, Iyan toa. Setelah itu peserta diajak untuk mengenal sejarah tarian tradisional dari Halmahera Timur, Coka Iba, dan bertanya jawab langsung dengan pelaku budaya. Selain itu peserta jetrada juga melihat secara langsung hasil kerajinan dari kerang dan tikar yang masih dibuat dengan cara tradisional oleh pengrajin lokal.

Para peserta mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Pada hari kedua, setiap peserta Jetrada membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) terkait 4 objek tradisi yang telah dikunjungi. Setelah melalui tahap seleksi, 12 KTI terpilih untuk mengikuti tahap presentasi KTI di hadapan tim juri dan seluruh peserta Jetrada. Dari 12 peserta yang melakukan presentasi KTI, berdasarkan kriteria terbaik dan melalui tahap penilaian tim juri, maka terpilihlah 6 orang peserta terbaik yang merupakan pelajar dari SMA Negeri 1 Haltim, SMA Negeri 5 Haltim, SMK N. 1 Haltim, dan SMA Muhammadiyah Subaim. 6 peserta terbaik ini akan mengikuti jenjang berikutnya, mewakili BPNB Maluku dalam Jejak Tradisi Nasional (Jetranas) di Pulau Dewata, Bali.

6 Peserta Terbaik yang akan mengikuti Jejak Tradisi Nasional

Informasi seputar Jetrada dan Jetranas 2019 juga dapat dilihat melalui media sosial BPNB Maluku; Instagram @bpnbmaluku; Facebook : @bpnb maluku.