Teh Tarik Ala Kepri

0
1001
Teh tarik di Kepri

Teh Tarik memang bukan minuman asli Kepri. Minuman ini familiar di Asia Tenggara terutama mudah ditemukan di Malaysia dan Singapura. Namun, di daerah Kepri, seperti Batam, Tanjungpinang atau Tanjungbalai gampang menjumpai minuman yang satu ini. Kondisi Kepri yang berdekatan dengan dua negara tetangga tersebut dan serumpun Melayu,Teh Tarik pun akhirnya ikut menjamur di Kepri.

Minuman ini berbeda dengan teh susu biasa. Teh tarik adalah minuman manis berupa teh dicampur susu. Teh tarik secara harfiah berarti “teh yang ditarik,” itulah yang dilakukan pembuatnya. Teh dan susu dituangkan melalui udara antara dua cangkir, terus-menerus sampai mencapai tekstur yang kaya dan berbusa. Pembuat teh tarik yang terampil bagaikan seniman, tidak pernah menumpahkan setetes pun! Lebih dari sekadar kecakapan memainkan pertunjukan dan tradisi, menuangkan teh tarik melalui udara bermaksud untuk mendinginkan teh dan menghasilkan lapisan berbusa di permukaan minuman.

Dalam proses penarikan ini, kandungan-kandungannya menjadi semakin pekat dan aromanya keluar. Selain itu proses penarikan juga membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan busa lembut di bagian atasnya yang terbentuk karena kandungan gula di dalam air teh. Setelah diseduh, teh disaring dengan kain kasa dan dicampur dengan susu kental manis.

Teh Tarik memiliki rasa yang hampir sama dengan teh susu. Namun bedanya teh Tarik di Batam diolah dari campuran teh tubruk yang disaring dan diseduh dengan susu kental manis yang alot. Sebagian peracik teh ini terkadang juga menambahkan rasa kayu manis. Minuman ini rasanya manis dan rasa teh yang cukup kuat. Teh Tarik disajikan dalam olahan dingin dan panas. Yang pasti cara pengolahannya dan penyajiannya tetap sama, teh yang ditarik-tarik dan berbuih. Ditarik-tarik?

Apa istimewa teh tarik? dimulai dari cara mengolahnya. Setelah teh dicampur air, selanjutnya peracik teh akan memainkan aksi menuang teh di dua gelas aluminium berulang-ulang seperti gaya ditarik-tarik (dituang berulang-ulang). Maka disebutlah teh ini sebagai Teh Tarik. Teh yang berbuih. Keistimewaan kedua adalah adanya buih dari teh tersebut. Hal itu dikarenakan dari proses ditarik-tarik tadi. Biasanya memang disajikan dalam gelas dengan buih sebagai penghiasnya. Jangan kaget jika Teh Tarik disajikan dengan buih melimpah di gelas. Bahan yang berbeda. Di antara pencicip teh tarik di Kepri mengatakan Teh Tarik di Kepri beda karena manisnya khas. Mungkin karena pilihan susu kental manis yang digunakan ditambah sedikit sensasi kayu manis. **