Penggiat Budaya M Hasbi Jabat Ketua HPI Lingga

0
256
Pembentukan dan pengukuhan DPC HPI Kabupaten Lingga. Acara dihadiri Kadis Pariwisata Lingga, Raja Fahrulrazzi dan stake holders pariwisata Lingga. (foto: cipto).

Tahun 2020 menjadi tahun berkah bagi H Muhammad Hasbi. Mantan penggiat budaya Ditjen Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini lolos kembali menjadi penggiat budaya untuk Kabupaten Lingga tahun 2020. Nah, terbaru M Hasbi terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Lingga periode 2020-2025.
“Alhamdulillah. Beban berat dan perlu dukungan dari semua pihak. Melestarikan budaya sebagai penggiat. Di sisi lain, aktif dalam
memajukan pariwisata Lingga sebagai orang HPI,”kata Hasbi, kemarin.

Pekerjaan sebagai penggiat budaya dan HPI, menurutnya bisa disejalankan dan saling mendukung. Pariwisata dan kebudayaan dua bidang yang tak bisa dipisahkan. Pelestarian kebudayaan menjadi aset dalam memajukan wisata. “Sebagai penggiat budaya, bermitra dengan dinas kebudayaan. Hari-hari bergaul dengan orang dinas dan budayawan. Kalau HPI, tentunya mitra kawan-kawan di dinas pariwisata,”sebutnya.

Kepengurusan DPC HPI Kabupaten Lingga sudah lama demisioner. M Hasbi sudah sejak 2018 lalu, sudah berkomunikasi dengan pengurus DPD HPI Kabupaten Lingga untuk pembentukan kepengurusan baru DPC HPI Kabupaten Lingga. Organisasi ini sangat penting artinya menjadi wadah pemandu atau guide yang menjadi ujung tombak dalam pelayanan wisatawan di Lingga. *