Pedasnya Ikan Asam Pedas Melayu

0
677

Berlatar belakang Melayu, Tanjungpinang memiliki koleksi kuliner khas. Namanya ikan asam pedas. Kuliner ini tersedia di setiap sudut wilayah ini bahkan Provinsi Kepri. Sebab, budaya Melayu memang identik dengan kuliner ikan asam pedas ini. Pada dasarnya bahan baku kuliner ini luas cakupannya, baik ikan laut maupun air tawar. Semua bisa diolah menjadi sajian istimewa dengan rasa juara.

Menghasilkan cita rasa nikmat, ikan asam pedas banyak menggunakan bumbu rempat berkualitas. Dan, untuk memunculkan rasa pedas dipakai cabai kering dan lada hitam. Kesegaran rasa lain dimunculkan dari asam jawa. Selain nikmat, aromanya juga harum dan menggugah selera makan. Jangan khawatir, ada banyak spot di Tanjungpinang yang menyediakan kuliner ikan asam pedas ini.

Ikan asam pedas Melayu didominasi oleh citarasa dari lada hitam dan asam jawa. Selain itu, asam pedas Melayu juga menggunakan cabai kering dan air. Penambahan lada hitam akan membuat kuah lebih terasa pedasnya. Jenis ikan yang lebih enak dimasak dengan metode ditumis adalah ikan lebam, ikan selar, ataupun ikan yang mempunyai daging tebal. Tetapi kalau ikan yang tidak mempunyai daging terlalu tebal, lebih enak dengan cara direbus saja. Seperti ikan dingkis, ataupun ikan lambai.

Ikan lebam yang dimasak asam pedas ini mempunyai rasa pedas, asam, dan sedikit rasa manis dari ikannya. Ikan terasa begitu lembut dan bumbu rempah-rempah yang meresap hingga ke bagian dalam daging ikan.