Nuzulul Quran di BPNB Kepulauan Riau

0
19
Suarman menyampaikan intisari Gurindam 12

Memperingati Nuzulul Quran BPNB Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan acara Buka Bersama. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa (19/04) di aula lantai tiga. Sebelum acara Buka Bersama dengan menyantap kolak dan makanan berat, diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Zulkifli. Acara dibuka oleh Toto Sucipto, kepala BPNB Provinsi Kepulauan Riau.

Usai pembacaan Alquran dilanjutkan dengan pembacaan Gurindam 12 dengan iringan alunan petikan gitar dan biola. Pertunjukan tersebut dipentaskan oleh Sri Wahyuni sebagai pembaca Gurindam 12, Hari Jumanto dan Novi Candra sebagai pemetik gitar dan biola.

Dalam kesempatan sengaja tidak mengundang penceramah dari luar, melainkan diisi oleh para ASN internal BPNB Provinsi Kepulauan Riau. Usai pembacaan Gurindam 12, Hendri Purnomo dan Jauhar Mubarok didaulat untuk membacakan kisah tentang peristiwa turunnya Alquran dan kandungan-kandungan kitab suci umat muslim tersebut.

Suarman, Pamong Budaya Ahli Madya dan juga mantan kepala BPNB Provinsi Kepulauan Riau, menjelaskan intisari Gurindam 12. “Isi dari Gurindam 12 ini merupakan intisari dari Alquran. Di dalam Gurindam 12 ini dijelaskan tentang 4 jalan menuju Tuhan”, paparnya dengan penuh semangat.

Acara tersebut dihadiri para ASN BPNB Provinsi Kepulauan Riau dan keluarga juga tampak beberapa mantan pegawai yang telah pensiun, di antaranya adalah Dwi Sobuwati, Novendra, dan Nismawati Tarigan. Selain itu tampak hadir juga Lita, mantan PPNPN. Nismawati Tarigan sendiri merupakan mantan kepala BPNB Provinsi Kepulauan Riau. Selepas tidak menjabat kepala pada 2010, beliau mutasi ke Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Utara.

“Merupakan kasih Tuhan, kebetulan sekali saya sedang berada di Tanjungpinang bersamaan dengan acara Buka Bersama ini. Tanjungpinang adalah kampung kedua saya”, ucap Nismawati penuh syukur.

Jadi pada acara tersebut mempertemukan “tiga kepala” BPNB Provinsi Kepulauan Riau: dua mantan kepala dan seorang kepala yang masih aktif menjabat.

Acara ditutup dengan Buka Bersama dan foto bersama. ***

Foto bersama peserta Buka Bersama.

(Jauhar Mubarok)