Merawai, Tarian Orang Laut dari Pulau Lipan, Lingga

0
370

Merawai merupakan sebuah tari yang berasal dari Pulau Lipan, Desa Penuba, Kecamatan Selayar, Kabupaten Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Tarian ini khas Orang Laut dan tidak ditemukan di daerah lainnya di Kabupaten Kabupaten Lingga.

Merawai merupakan tarian yang berfungsi untuk hiburan pengisi waktu di kala senggang oleh Orang Laut. Gerakan tariannya sederhana seperti orang merawai di laut. Yakni, menimba, mendayung, merawai dan mengemudi. Tari merawai awalnya hanya dimainkan Orang Laut.

Belakangan sanggar-sanggar kesenian yang ada di Kabupaten Lingga juga menampilkan tarian merawai dalam event kesenian namun personilnya tidak lagi Orang Laut. Penarinya juga bebas dikreasikan dan tidak lagi semuanya wanita. Termasuk juga alat musik yang mengiring tari merawai juga dipadukan alat masuk modern, seperti biola, tamborin atau alat musik lainnya. Orang Laut di Pulau Lipan sudah jarang memainkan tari merawai.

Penampilan terakhir tahun 2018 saat penyambutan peserta Sail to Kabupaten Lingga. Keberadaan tari merawai terancam punah yang disebabkan kemajuan teknologi. Akses ke daerah lainnya semakin terbuka dengan transportasi laut dan darat yang makin lancar. Orang Laut di Pulau Lipan sudah mengenal televisi, ponsel dan menggemari kesenian modern, seperti musik dangdut.

Kendala lain dalam eksistensi tarian ini tidak adanya alat musik yang dimilik Orang Laut Pulau Lipan, baik itu gong, gendang atau pun tambur. Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga diminta memperhatikan eksistensi tari merawai ini. Pewarisan tari merawai masih dimungkinkan karena pelestarinya masih ada dan bisa memberikan pelatihan pada generasi muda orang laut.

Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga atau pihak lain bisa memberikan bantuan alat musik. Tari merawai yang unik dan hanya ada di Pulau Lipan sangat berpotensi untuk ditetapkan jadi warisan budaya tak benda (WBTB) dari Kabupaten Lingga.**

Nah, lebih ingin tahu detil tentang tari merawai, klik tautan ini: