Gebyar Budaya 2022: BPNB Kepri Hadirkan Gubal dan Kepurun

0
41
Gubernur NTB sedang mengunjungi tenda pameran BPNB Provinsi Kepulauan Riau

Gebyar budaya kembali digelar. Tahun 2021 Gebyar Budaya urung diselenggarakan karena pandemi Covid-19 masih belum terkendali. Terlebih munculnya Covid-19 varian Delta sempat menjadi momok karena tingkat penularannya yang begitu cepat. Sedang Gebyar Budaya 2020 dilangsungkan secara daring dengan BPNB Provinsi Kepulauan Riau sebagai tuan rumahnya.

Gebyar Budaya Tahun 2022 BPNB Provinsi Bali ditunjuk sebagai tuan rumah acara tersebut dengan mengambil lokasi di kompleks Taman Mayura, Kota Mataram. Kegiatan tersebut berlangsung dari Sabtu – Senin, 21-23 Mei 2022. Tema yang diusung Gebyar Budaya 2022 adalah “Rajutan Keberagaman Budaya untuk Indonesia Maju”. Pada kegiatan tahunan tersebut digelar beberapa acara, yaitu pameran hasil kajian, pertunjukan kesenian daerah, pertunjukan kuliner tradisional tradisional, dan diskusi pamong budaya.

Kegiatan tersebut dibuka oleh gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah. Kehadiran Zulkieflimansyah di lokasi acara disambut dengan iringan musik tradisional gendang beleq. Dalam sambutannya orang nomor satu provinsi yang berjuluk Bumi Gora tersebut mengapresiasi yang setinggi-tinggi atas perhelatan tersebut. Dalam sambutannya, “melalui acara ini kita menjadi momentum yang tepat untuk seluruh masyarakat NTB khususnya untuk melakukan ziarah ke masa lalu dengan melihat kekayaan budaya Indonesia”.

Sebagai cendera mata dari BPNB Provinsi Kepulauan Riau ketika Zulkieflimansyah mengunjungi stand (tenda) pameran Toto Sucipto memasangkan tanjak ke kepala gubernur NTB tersebut.

Pada kesempatan tersebut BPNB Provinsi Kepulauan Riau turut berpartisipasi dengan menampilkan pertunjukan musik yang diberi judul Gaduh Tuan yang dipertunjukkan pada Sabtu malam (21/05). Sedangkan pada malam penutupan, Senin (23/05) Said Fahrur ar Razzie, dkk menampilkan pertunjukan tari zapin dan silat dengan iringan musik tradisi rentak asli (langgam, inang, dan zapin).

Pengunjung mencicipi gubal dan kepurun

Sementara pada eksebisi kuliner tradisional, BPNB Provinsi Kepulauan Riau menghadirkan gubal dengan gulai asam pedas ikan pari dan kepurun. Kedua kuliner tersebut berbahan dasar sagu.

Perhelatan Gebyar Budaya 2023 rencananya akan dilaksanakan di Sulawesi Utara dengan tuan rumah BPNB Provinsi Sulawesi Utara.***

(Jauhar Mubarok)

Pertunjukan tari dengan iringan musik rentak asli