Jagoh, Kampungnya Jawara

0
37

Desa Jagoh salahsatu desa yang paling populer di Lingga. Wajar saja karena di daerah ini ada Pelabuhan Jagoh, salahsatu pelabuhan utama di Kabupaten Lingga.

Desa Jagoh terletak di bagian utara pulau Singkep. Jagoh menjadi pintu gerbang utama menuju ke Pulau Singkep. Pelabuhan domestik tujuan Tanjungpinang, Batam dan Lingga ada di Jagoh. Selain itu Pelabuhan Roro tujuan Tanjungpinang, Batam dan Kualatungkal juga ada di desa ini.

Pelabuhan Jagoh, Kabupaten Lingga.

Jagoh asal usulnya berasal nama Jago. Daerah dulu konon dikenal sebagai kampung jawara. Orang-orang Sakti dari berbagai wilayah, seperti Buton, Jambi, Makassar, Palembang dan daerah lain bertemu di Jagoh untuk adu kesaktian. Para ‘jago’ ini beradu ilmu termasuk dengan orang sakti yang ada di Jagoh. Orang sakti yang mendiami daerah ini berjenis perempuan. Makamnya berlokasi di kampung Jagoh Sebrang. Ia dianggap tokoh Jagoh keramat.

Dari nama jago inilah, masyarakatnya memberi nama daerah ini Jagoh. Artinya kampungnya para jago atau jawara.

Desa Jagoh terbentuk berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Lingga Nomor 12 Tahun 2008. Jagoh terdiri dari 2 dusun yang masing-masing memiliki 2 RW. Di desa Jagoh ini terdapat 6 kampung yaitu Jagoh Tanjung Batang, Jagoh Air Uting, Jagoh Besar, Bukit, Air Lintah, dan Jagoh Sebrang Kemas.**

TINGGALKAN KOMENTAR