2022: 8 Karya Budaya Riau Ditetapkan sebagai WBTB Indonesia

0
117
Tenun Bukitbatu (Sumber foto: Menparekraf)

Pada 2022 Provinsi Riau kembali mengusulkan karya budaya-karya budaya kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Setidaknya 19 karya budaya diusulkan untuk ditetapkan sebagai WBTB Indonesia, tapi hanya 8 karya budaya yang ditetapkan sebagai WBTB Indonesia.

Kedelapan WBTB Indonesia dari Provinsi Riau tersebut adalah Tenun Bukitbatu, Sapin bagan, rarak, Kompang Bengkalis, Gondang Barogong Rokan Hulu, Dodoi Anak Siak, Tanjak Siak, dan Tari Olang-olang Siak.

Kedelapan karya budaya tersebut menambah daftar panjang WBTB dari Bumi Lancang Kuning tersebut. Jumlah terakhir WBTB Indonesia dari Provinsi Riau sebanyak 64 karya budaya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Provinsi Riau mengikuti sidang usulan penetapan yang dilaksanakan secara daring dan luring tersebut. Pada tahun ini Provinsi Riau mendapatkan kesempatan pada sesi ke-10 pada hari Kamis (29/9). Pada kesempatan tersebut Provinsi Riau melalui Dinas Kebudayaan menyampaikan penguatan alasan dan bukti-bukti terkait karya budaya yang diusulkan kepada Tim Ahli WBTB Nasional yang dibentuk Kemendikbudristek. Dan akhirnya pada 2022 ini terdapat 8 karya budaya Provinsi Riau yang ditetapkan sebagai WBTB Indonesia. ***

sumber: Provinsi Riau

(Jauhar Mubarok)