Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di BPNB Kalbar

0
266

Bertempat di halaman Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat, Sabtu (1/6/2019) digelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019. Upacara yang diikuti oleh seluruh staf BPNB Kalimantan Barat baik itu PNS, tenaga honorer dan siswa magang dari SMK Negeri 1 Pontianak ini berlangsung tepat pada pukul 07.30 WIB.

Suasana khidmat sangat terasa pada prosesi upacara bendera yang diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih yang diiringi lagu Kebangsaan Indonesia raya. Rangkaian selanjutnya adalah mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan Teks Proklamasi, pembacaan naskah Pembukaan UUD Republik Indonesia 1945, dan dilanjutkan dengan amanat pembina upacara dengan membacakan sambutan Kepala Balai Pembinaan Ideologi Pancasila pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 kali ini.

Adapun beberapa point penting dari pidato Kepala Balai Pembinaan Ideologi pancasila, diantaranya tentang Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia, Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Setelah Pembina Upacara membacakan pidato tersebut, upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu perjuangan Garuda Pancasila secara medley dan ditutup dengan pembacaan doa.