Temu Ilmiah dan Pengukuhan Pengurus Himpenindo Kalimantan Barat

0
471

Dalam rangka pelaksanaan program penelitian dan pengembangan bidang sosial dan pemerintahan, Rabu, 20 November 2019 bertempat di Hotel Ibis Pontianak, diadakan kegiatan Temu Ilmiah Bidang Sosial dan Pemerintahan. Kegiatan yang diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, SH, M.Hum.

Penyampaian materi oleh narasumber dalam kegiatan Temu Ilmiah Bidang Sosial dan Pemerintahan

Selain pengurus Himpenindo Kalbar, acara juga diikuti oleh seluruh anggota Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Kalbar, yang terdiri dari Pejabat Fungsional Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  Kalbar, Pejabat Fungsional Peneliti Balai Bahasa Kalbar, Pejabat Fungsional Peneliti Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalbar, Pejabat Fungsional  Peneliti Balai Standardisasi Industri Pontianak, Pejabat Fungsional Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat, Pejabat Fungsional Dosen Universitas Panca Bhakti Pontianak, Pejabat Fungsional Dosen Universitas Tanjungpura Pontianak.

Kegiatan yang mengangkat tema “Inovasi, Kemandirian Daerah, dan Peran SDM Kelitbangan di Era Revolusi Industri 4.0” ini menghadirkan 4 narasumber, yaitu Prof. Dr. Ir. Husein Avicenna Akil, M.Sc (Wakil Ketua Himpenindo Pusat), Dudi Hidayat (Pusat Penelitian Kebijakan dan Managemen Iptekin-LIPI), Ir. Ansfridus J. Andjioe, M.E (Kepala Badan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Barat), dan Dr. Muhammad Hatta (Ketua Himpenindo Kalbar) .

Pengukuhan pengurus Himpenindo Kalbar

Dalam kesempatan yang sama, acara ini juga dirangkai dengan pengukuhan Himpenindo Provinsi Kalimantan Barat, serta penandatangan MoU antara pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Universitas Panca Bhakti Pontianak dan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Barat dengan Kementerian/Lembaga yang ada di Kalimantan Barat.

Dari hasil temu ilmiah ini, diharapkan dengan terbentuknya Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Kalbar, dapat menjadi stimulus untuk kemajuan penelitian di Indonesia khususnya di Kalimantan Barat, dalam rangka menyongsong era industri 4.0. Selain itu, ilmu pengetahuan, penelitian, dan inovasi menjadi faktor yang sangat penting untuk kemajuan daerah.