Seminar Proposal Penelitian 2021 BPNB Kalimantan Barat

0
39
Seminar Proposal Penelitian Tahun 2021 BPNB Kalimantan Barat, bertempat di Hotel Ibis Pontianak (23/2/21)

Bertempat di Hotel Ibis, Jalan Ahmad Yani Pontianak, Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat menggelar kegiatan Seminar Proposal Penelitian, dengan mengangkat tema “Kalimantan Dalam Keberagaman Kebudayaan” yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari, dari tanggal 23-26 Februari 2021 . Berbeda dari seminar proposal penelitian yang telah dilaksanakan sebelumnya, dalam seminar kali ini dilaksanakan secara daring dan luring.

Di dalam kegiatan ini mengkaji 13 (tiga belas) proposal penelitian yaitu 3 (tiga) proposal penelitian bidang sejarah, 7 (tujuh) proposal bidang budaya, 3 (tiga) proposal perekaman dan Jurnal Handep. Dalam seminar ini hadir narasumber yang pakar di bidangnya yaitu Dr. Herry Yogaswara, M.Sc (Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia /LIPI) sebagai narasumber bidang Kajian Budaya, Dr. Pudentia, MPSS, (Ketua Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Masyarakat dan Budaya/LEMSTRADA dan Amdal Budaya Universitas Indonesia) sebagai narasumber bidang Tokoh Budaya, Dr. Didik Pradjoko, M.Hum (Dosen Departemen Sejarah, Fakultas of Humanities Universitas Indonesia) sebagai narasumber Kajian Sejarah, Dr. Andi Achdian (Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia) sebagai narasumber Inventarisasi Tokoh Sejarah, Dr. H. Abdul Latief Bustami, M.Si (Dosen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dan Tim Ahli WBTB Kemdikbud) sebagai narasumber perekaman, dan Dr. Imron Muttaqin, S.Pd.I, M.Pd.I (Ketua LP2M IAIN Pontianak) sebagai narasumber jurnal.

Pada hari pertama ditampilkan 2 (dua) tim peneliti untuk kajian sejarah dan 1 (satu) tim peneliti inventarisasi tokoh sejarah. Pada hari kedua ditampilkan 4 (empat) tim peneliti kajian budaya. Pada hari ketiga menampilkan 3 (tiga) tim perekaman, dan di hari ke empat menampilkan 3 (tiga)tim peneliti inventarisasi tokoh budaya dan di tutup dengan bedah Jurnal Handep untuk indeksasi dan reakreditasi.

Seminar proposal penelitian ini dibuka oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat, Dra. Hendraswati. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan mengharapkan agar  seminar yang dilaksanakan ini bisa memberikan manfaat baik bagi para peneliti BPNB Kalimantan Barat khususnya maupun para peserta yang hadir. Menurutnya, di seminar proposal ini akan mengulas proposal-proposal dari peneliti BPNB Kalimantan Barat sebelum turun ke lapangan. Dan diharapkan kepada semua peserta dan narasumber dapat memberikan masukan-masukan yang dapat memberikan tambahan ilmu yang terbaik untuk peneliti BPNB Kalimantan Barat, ucapnya.    

TINGGALKAN KOMENTAR