Seminar Hasil Penelitian Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat Tahun 2016

0
961

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Seminar Hasil Penelitian pada Program Kerja Tahun 2016. Kegiatan yang diadakan di Aula kantor BPNB Kalimantan Barat pada 7 – 10 Oktober  2016, dengan tema kegiatan  “Kalimantan dalam Sejarah dan Budaya” ini menghadirkan 15 tim peneliti dari BPNB Kalimantan Barat. 15 tim peneliti tersebut terdiri dari bidang budaya, sejarah, dan naskah kuno.

dsc00100
Sanggar Tari Borneo Tarigas sedang menyajikan tarian
dsc00148
Kepala BPNB Kalbar, Dra. Hendraswati sedang memberikan sambutan pada acara pembukaan dan Prof. Dr. Heddyv Shri Ahimsa, MA, M. Phil (di meja mimbar)

Adapun sesuai dengan tema besar penelitian yaitu “Kemaritiman dan Tradisi Lisan“, maka secara khusus panitia menghadirkan dua narasumber nasional yang kompeten di bidangnya. Dua narasumber tersebut adalalah; 1) Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa, MA, M. Phil (Dosen Antropologi Budaya Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gajahmada Yogjakarta); dan 2) Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyo, M.Hum (Dosen Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Semarang).

Pada pelaksanaan hari pertama diawali dengan sajian tari dari Sanggar Borneo Tarigas (Sanggar kesenian yang mendapat fasilitasi dari Program Komunitas Budaya Masyarakat Tahun 2016, Kemdikbud dan pemenang pada event Festival Kesenian 2016 BPNB Kalbar). Selanjutnya dilakukan pemukulan gong oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat di acara pembukaan, juga disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat (diwakili), dan perwakilan dari instansi pemerintah terkait lainnya.

img_0771
Tim peneliti sejarah sedang mempresentasikan hasil penelitiannya yang dipandu moderator
img_1076
Tim peneliti budaya sedang mempresentasikan hasil penelitiannya dipandu oleh moderator

Kemudian di hari kedua dimulai dengan pengarahan oleh Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyo, M.Hum dan dilanjutkan dengan presentasi dari tim penelitian bidang sejarah (6 tim peneliti) dan naskah kuno (1 tim peneliti). Setelah presentasi para peneliti selesai, kemudian diberikan kesempatan kepada para peserta seminar untuk mengajukan pertanyaan dan kritisi. Selanjutnya untuk menutup sesi hari kedua adalah tanggapan dan koreksi oleh narasumber, Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyo, M.Hum.

Demikian juga pada pelaksanaan hari ketiga, acara diawali dengan pengarahan oleh narasumber, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa, MA, M. Phil dan dilanjutkan dengan presentasi hasil penelitian dari delapan tim peneliti. Setelah selesai presentasi, kemudian disambut oleh beberapa pertanyaan dan masukan oleh seluruh peserta seminar, dan dilanjutkan kemudian dengan tanggapan dan koreksi dari narasumber. Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa, MA, M. Phil dalam tanggapannya memberikan strategi perumusan masalah dalam penelitian, metodologi, dan penarikan kesimpulan dalam penyusunan hasil penelitian bidang kebudayaan.

Pelaksanaan hari keempat diisi dengan acara penutupan dan penyelesaian administrasi kepada seluruh peserta. Adapun dalam sambutannya pada acara penutupan, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dan berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti BPNB Kalimantan Barat maupun peneliti-peneliti lainnya, khususnya bidang kebudayaan dan sejarah wilayah Kalimantan.

TINGGALKAN KOMENTAR