You are currently viewing Presentasi Kelompok Jetrada “Susur Sungai”
Presentasi Peserta Jejak Tradisi (Jetrada) "Susur Sungai", bertempat di Hotel Sambas Indah, Pada, Senin (8/11/21)

Presentasi Kelompok Jetrada “Susur Sungai”

Jejak Tradisi  (Jetrada) “Susur Sungai” pada hari ketiga dimulai dengan pemaparan materi oleh 2 (dua) orang narasumber, yaitu Dr. Sunandar, M.Hum.,  (Dosen Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas) mengangkat judul mengenai “Peran Generasi Muda Dalam Pelestarian Kebudayaan Daerah”. Narasumber kedua yaitu Aan, S.Pd (Pendamping Desa Pemberdayaan P3MD Sambas) mengangkat judul “Budaya Sungai di Kabupaten Sambas Dari Masa ke Masa”.

Setelah pemaparan materi oleh narasumber, acara berikutnya adalah peserta melanjutkan menyusun  makalah dan membuat vlog berdasarkan kelompok yang telah dibagi (kelompok cengkeh, kelompok pala, kelompok lada dan kelompok kayu manis). Kemudian dilanjutkan prentasi pada sore dan malam harinya. Kelompok lada dan kelompok pala mengawali presentasi makalah yang mereka susun terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan kelompok berikutnya yang diakhiri dengan sesi tanya jawab pada masing-masing kelompok.

Presentasi makalah oleh peserta merupakan rangkaian akhir dari semua acara dalam kegiatan Jejak Tradisi (Jetrada) “Susur Sungai” ini. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara penutupan yaitu pesan dan kesan dari guru pendamping, pesan dan kesan dari siswa, pengantar dari Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat, penutupan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Kabupaten Sambas, dan diakhiri dengan foto bersama.