Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-73 BPNB Kalbar

0
383
Upacara Peringatan HUT RI Ke-73 di Halaman Kantor BPNB Kalbar (Jumat, 17/08/2018)

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73, Jumat, 17 Agustus 2018 yang berlangsung di halaman kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat Jalan Sutoyo berjalan khidmat.

Pegawai BPNB Kalbar mengikuti upacara HUT RI Ke-73

Upacara bendera yang diikuti oleh seluruh staf BPNB Kalbar baik PNS, non PNS, siswa SMK (PKL) serta Kepala BPNB Kalimantan Barat Dra. Hendraswati bertindak selaku pembina upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB.

Prosesi upacara bendera diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rangkaian selanjutnya adalah mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan Teks Proklamasi, pembacaan naskah Pembukaan UUD Republik Indonesia 1945, dan dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya oleh petugas upacara.

Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya

Pada kesempatan ini Pembina Upacara membacakan beberapa point penting dari pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, di antaranya tentang upaya pembenahan pendidikan sesuai dengan arah cita-cita bangsa dan mengejar perkembangan zaman. Upaya tersebut diwujudkan melalui pendidikan karakter, revitalisasi kejuruan, pemerataan pendidikan yang berkualitas, serta penguatan kebudayaan dan bahasa Indonesia yang difokuskan pada konservasi dan revitalisasi bahasa daerah. Sumber daya manusia menjadi salah satu fokus penting  dalam pembangunan, sehingga upaya peningkatan SDM terus menerus dilakukan untuk membentuk SDM yang memiliki karakter kuat; multi-kecakapan Abad 21 dan bersertifikat; elastis dan pembelajar sepanjang hayat; inovatif dan kewirausahaan; kewargaan global.

Setelah Pembina Upacara membacakan pidato tersebut, upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan secara medley dan ditutup dengan pembacaan doa.

Sesuai dengan peraturan yang diedarkan oleh Kemdikbud, semua peserta upacara diwajibkan menggunakan pakaian daerah. Adapun di lingkungan BPNB Kalbar peserta upacara menggunakan pakaian khas daerah Kalimantan Barat khususnya baju Melayu dan Dayak.

Adapun Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya diserahkan langsung oleh Pembina Upacara para pegawai yang telah memenuhi kriteria. Para pegawai tersebut antara lain; 1. Anas, yang telah mengabdi di BPNB Kalbar selama 20 tahun, 2. Moch. Andri WP (10 tahun), 3. Benedikta Juliatri Widi Wulandari (10 tahun), 4. Any Rahmayani (10 tahun), dan 5. Dana Listiana (10 tahun).

 

TINGGALKAN KOMENTAR