Pergelaran Seni Budaya Multietnis “Harmonis dalam Etnis” di Kabupaten Sintang

0
1077

Kamis, 14 Desember 2017, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, menyelenggarakan Pergelaran Seni Budaya Multietnis di Gedung Olahraga Apang Semangai Sintang.

Foto bersama seluruh pendukung acara. (dok. Disparpora Kab. Sintang)

Pergelaran seni multietnis yang mengusung tema “Harmonis dalam Etnis” merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mempererat persatuan di antara berbagai etnis yang ada di Kabupaten Sintang dan juga sekaligus menjadi sarana eksplorasi budaya-budaya yang ada di Sintang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Dra. Hendrika, M.Si memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan pergelaran ini. Ia berharap agar kegiatan ini dapat terus diadakan dan kualitas penyelenggaraannya juga dapat semakin ditingkatkan. Tidak lupa di akhir sambutan singkatnya beliau memperkenalkan salam pesona indonesia yang disambut riuh penonton yang hadir dengan mengatakan “wonderful”.

Setda Kab. Sintang, Dra. Yosepha Hasna, M.Si (mewakili Bupati Sintang) menyampaikan sambutan.(dok. Disparpora Kab. Sintang)

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasna, M.Si, yang juga hadir mewakili Bupati Sintang, dalam sambutannya mengatakan bahwa pergelaran ini merupakan salah satu potensi seni dan budaya dimiliki Sintang. kegiatan ini merupakan hiburan bagi masyarakat Sintang yang tentunya akan menjadi agenda setiap tahunnya. Perlunya kegiatan ini untuk mengharmonikan dan membuat suasana tenang bagi semua etnis. Sehingga, tercipta kehidupan damai dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Sintang dapat terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Penyerahan penghargaan oleh Bupati Sintang (diwakili Setda Kab. Sintang) kepada pemuda berprestasi 2017.(dok. Disparpora Kab. Sintang)

Terkait penyelenggaraan kegiatan, Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Susana Raguniaty mengungkapkan kegembiraannya karena kegiatan ini bisa diselenggarakan dengan baik, walaupun masih terdapat kekurangan dalam beberapa hal. Ia mengatakan bahwa para penonton dan undangan tampak antusias menyaksikan pergelaran tersebut, dan ini menunjukkan bahwa masyarakat Sintang memang punya perhatian yang cukup besar pada budaya dan seni. Harapannya, semua etnis yang ada bisa membuat kolaborasi bersama dalam kegiatan yang sama nantinya,” tutupnya.

Adapun pergelaran kali ini dihadiri delapan etnis yang menampilkan budaya-budaya tarian, nyanyian, musik tradisi, dan serta peragaan busana dari beberapa etnis yang ada di Kabupaten Sintang. Beberapa etnis yang hadir tersebut antara lain: Dayak, Melayu, Tionghoa, Jawa, NTT, Sunda, Manado dan Padang. Pada dasarnya ada banyak etnis yang ada di wilayah Kabupaten Sintang, namun karena beberapa kendala sehingga tidak dapat menampilkan budaya mereka dalam pergelaran ini.

Salah satu tarian dalam pergelaran (dok. Disparpora Kab. Sintang)

Pada kesempatan tersebut Bupati Sintang memberikan penghargaan kepada 26 orang pemuda berprestasi di Kabupaten Sintang di bidang pemuda, olahraga dan pariwisata sekaligus Launching Kalender Kegiatan Pariwisata 2018 Kabupaten Sintang. Dengan peluncuran kalender kegiatan ini, diharapkan kegiatan-kegiatan pariwisata di Kabupaten Sintang banyak diketahui masyarakat luas sehingga pariwisatanya semakin maju dan tentunya semakin mampu menambah kunjungan wisata ke wilayah-wilayah di Kabupaten Sintang.

 

penulis: Hiasintus (penggiat budaya kemdikbud wil. Sintang)