Peresmian Rumah Budaya Tirta Gelong Meligai

0
97

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Hilmar Farid, pada Rabu (19/1/2022) meresmikan Rumah Budaya Tirta Gelong Meligai. Peresmian rumah budaya yang terletak di Sungai Utik tepatnya di Desa Belimbing Kecamatan Embaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu ini dihadiri oleh Bupati Kapuas Hulu, Kepala BPNB Provinsi Kalimantan Barat, SKPD Kapuas Hulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Putusibau, Pimpinan Yayasan Rumah Asuh, Yayasan Tirto Utomo, dan sebagainya.

Dalam sambutannya, beliau mengharapkan agar rumah budaya ini harus dipelihara dan dijaga karena rumah betang dan rumah budaya yang baru diresmikan di Sungai Utik ini mempunyai ruh semangat masyarakat adat khususnya masyarakat Dayak Iban yang ada di Sungai Utik, ucapnya.

Setelah peresmian rumah budaya, di hari yang sama juga diadakan peresmian Rumah Produksi Buah Mawang, peletakan batu pertama Gereja St. Yusuf Sungai Utik oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH., dan diakhiri dengan penanaman pohon oleh tamu undangan di sekitar Rumah Budaya Tirta Gelong Meligai.