You are currently viewing Negeri di Tengah Laut : Kegiatan Pemutaran Film Bioling BPNB Prov. Kalbar Dalam Rangka
Pemutaran Film Tim Bioling BPNB Prov. Kalbar, Bertempat di SMP Negeri 18 Kec. Sungai Kakab Kab. Kubu Raya, Pada Sabtu (11/6/22)

Negeri di Tengah Laut : Kegiatan Pemutaran Film Bioling BPNB Prov. Kalbar Dalam Rangka

Dalam rangka mewujudkan Kubu Raya menanjak di lingkungan Kabupaten Kubu Raya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya melaksanakan Kemah Budaya Wisata (KBW) ke II. Kemah Budaya Wisata ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperkuat peningkatan literasi budaya dan mengangkat potensi wisata desa di wilayah Kabupaten Kubu Raya. Terkait dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya mengajukan permohonan kepada Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat untuk mengadakan pemutaran film oleh tim bioling guna mendukung acara tersebut.

Pemutaran film yang dilaksanakan oleh tim bioling pada Sabtu (11/6/22) bertempat di lokasi kegiatan Kemah Budaya Ke II berlangsung yaitu di SMP Negeri 18 Dusun Karya Bakti Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya dengan memutar film kanal budaya yang bertajuk “Negeri di Tengah Laut”. Hadir dalam kesempatan ini seluruh siswa/siswi SMP dari 23 sekolah yang mengikuti kegiatan Kemah Budaya Wisata, masyarakat setempat, dan tamu undangan. Adapun tamu undangan yang hadir meliputi Bupati Kab. Kubu Raya, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kubu Raya, PLT. Kadis Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kab. Kubu Raya, Kepala Sekolah SMP se Kec. Sungai Kakap Kab. Kubu Raya, dan sebagainya.

Dalam sambutannya Bupati Kab. Kubu Raya, Muda Mahendrawan, S.H mengucapkan terima kasih kepada BPNB Provinsi Kalimantan Barat, karena menurut beliau ini sesuai dengan konsep yang diberikan kepada peserta didik, dimana kita berupaya untuk membuat semua anak didik agar mengekspresikan dan mengaktualisasikan dirinya, mengejar bagaimana agar mereka mampu untuk menggali potensi yang ada dalam diri serta unggul dalam wisata desa, ucapnya.

Salah seorang guru yang hadir dalam pemutaran Film Negeri di Tengah Laut juga sangat menyukai film yang diputar, dan menurutnya banyak sekali ekspresi dan pelajaran yang dapat diambil dari film tersebut, semoga dapat membuat kebudayaan khususnya yang ada di Provinsi Kalimantan Barat semakin berkembang dan banyak edukasi yang dapat dipelajari yang akan diberikan kepada anak didik.

Selain pemutaran film tim bioling BPNB Provinsi Kalimantan Barat juga menyuguhkan alat permainan tradisional berupa enggrang, gasing, terompah tempurung, dan  terompah panjang yang dapat dimainkan oleh siswa siswi sebelum acara pemutaran film berlangsung. Dan di akhir pemutaran film pembagian doorprize bagi yang beruntung.