Memperkenalkan Cerita Rakyat Kalimantan Lewat Lomba Mendongeng

0
160

Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat memberikan ruang ekspresi kepada para pelajar tingkat SMP/sederajat se-Kalimantan selama masa pandemi covid -19 melalui Lomba Mendongeng. “Melestarikan Tradisi Lisan di Kalimantan” merupakan tema yang diangkat dalam perlombaan mendongeng kali  ini.

Materi dongeng berasal dari cerita rakyat Kalimantan baik itu berbentuk legenda/fabel/mite/ dongeng. Di sini para siswa dapat mengupload video berdurasi 5-10 menit dengan menuturkan dongeng dalam bahasa Indonesia yang baik dan tidak boleh membaca teks.

Batas akhir pengiriman video yang mengharuskan postur peserta tampak seluruh badan (long shot) serta tanpa ilustrasi musik atau backsound kecuali alat musik yang dimainkan langsung oleh sang pendongeng ini ditunggu sebelum tanggal 31 Agustus 2020 ke akun instagram @bpnbkalbar. Video yang dikirim harus mencantumkan tagar #bpnbkalbar #lombamendongengkalimantan, disertai dengan prolog yang menyebutkan nama, asal sekolah, judul, dan asal dongeng.

Uang pembinaan dan souvenir cantik telah dipersiapkan oleh BPNB Kalimantan Barat bagi 6 (enam) pendongeng terbaik yang akan diumumkan pada 6 September 2020 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR