LOMBA PERMAINAN RAKYAT UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR

0
2959

IMG_20141124_082033

PONTIANAK – Permainan rakyat tentu sangat jarang dapat ditemukan dalam kehidupan anak sehari-hari pada saat ini. Selain menyeruaknya berbagai jenis permainan anak yang jauh lebih modern, ruang untuk bermain anak yang luas juga hampir-hampir tidak tersedia. Oleh karena itu, Balai Pelestarian Nilai Budaya Pontianak kemudian menyelenggarakan kegiatan Lomba Permainan Rakyat untuk anak tingkat Sekolah Dasar. Rangkaian kegiatan lomba Permainan Rakyat ini berlangsung dari tanggal 21 hingga 27 November 2014, bertempat di halaman Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Pontianak.

Selain untuk menanamkan nilai-nilai budaya daerah, kegiatan ini juga ditujukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak usia Sekolah Dasar terhadap budaya permainan anak tradisional Indonesia. Sehingga menjadi tidak heran bila sekolah-sekolah dasar di wilayah sekitar Kota Pontianak dan Kubu raya cukup antusias untuk mengikuti dan mengirimkan peserta dalam kegiatan ini.

Ada dua jenis permainan rakyat yang diperlombakan dalam kegiatan Lomba ini. Permainan galah hadang atau yang biasa dikenal dengan galah kepung atau gala sin, dan jenis permainan terompah panjang. Dua jenis permainan rakyat ini dipilih karena dilakukan secara kelompok. Sehingga dengan permainan ini diharapkan bisa membangkitkan semangat kebersamaan, kekompakkan dan juga saling kerjasama, serta tentunya adalah semangat untuk mampu bersaing dengan fair sejak usia Sekolah Dasar.(adm)