Jejak Tradisi Daerah (Jetrada) 2020 : BPNB Kalimantan Barat Adakan Lomba Esai Kebudayaan Secara Daring

0
165

Dampak pandemi Covid-19 (Corona) membawa perubahan dalam pola kehidupan masyarakat di Indonesia. Anak-anak muda lebih banyak terfokus pada gadget sehingga tidak jarang mereka abai dengan lingkungan dan budaya sekitar mereka. Menyikapi kenyataan seperti itu, maka Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat mengadakan Lomba Esai Kebudayaan yang dilaksanakan secara daring.

Peserta dalam perlombaan yang bertemakan “Kebudayaan di Mata Milenial” ini yaitu pelajar tingkat SMA /sederajat se-Kalimantan yang bersifat perorangan dan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah.

Dalam perlombaan ini, peserta dalam penulisan esai harus mengacu pada 1 (satu) dari 10 (sepuluh) objek pemajuan kebudayaan yang bersifat intangible (tak benda) yaitu Tradisi Lisan, Manuskrip, Adat Istiadat, Ritus, Pengetahuan Tradisional, Teknologi Tradisional, Seni, Bahasa, Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional.  

Batas akhir pengiriman karya tulis, surat pernyataan keaslian karya dan scan surat keterangan dikirimkan ke alamat surel : esaikebudayaan20@gmail.com dan di cc kan ke jetrada20@gmail.com paling lambat 15 Agustus 2020 dengan penamaan File (Nama Peserta_Judul Karya Tulis_Sekolah_Provinsi).

Untuk melihat ketentuan dalam lomba esai kebudayaan ini, peserta bisa mengunduh juknis lomba di link https://bit.ly/3iefZaS

Uang pembinaan + bingkisan menarik dan piagam / e-sertifikat telah dipersiapkan oleh BPNB Kalimantan Barat bagi 10 (sepuluh) pemenang yang akan diumumkan pada 31 Agustus 2020 mendatang.

Untuk lebih memahami tentang 10 (sepuluh) objek pemajuan kebudayaan dan dasar-dasar penulisan ilmiah, peserta disarankan untuk mengikuti kegiatan webinar pra penulisan pada 8 Juli 2020 (pengumuman untuk webinar terpisah). Untuk informasi lebih lengkap, dapat menghubungi Sisva (081374389611) dan Eka (082350773701).

TINGGALKAN KOMENTAR