Bioling BPNB Provinsi Kalbar Putar Tiga Film Dalam Rangka Hari Museum Nasional di Museum Daerah Kabupaten Sambas

0
209

Selama 3 malam berturut-turut, tim bioskop keliling Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat ikut berkontribusi mengadakan pemutaran film dalam rangka hari Museum Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Pemutaran bioling ini dilaksanakan pada 11 – 13 Oktober 2021 bertempat di Museum Daerah Kabupaten Sambas.   

Tidak hanya komunitas motor yang ada di Kabupaten Sambas saja yang hadir pada malam pertama, 11 Oktober 2021, anak-anak di lingkungan sekitar Museum Daerah juga hadir untuk menonton film yang berjudul “Belangkaet”. Film Belangkaet merupakan film andalan dari Kabupaten Kayong Utara dalam lomba film pendek nasional.

Film yang berdurasi sekitar 60 menit ini merupakan film kolosal dari Sanggar Simpang Mandiri, yang juga melibatkan pejabat Kabupaten Kayong Utara diantaranya Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad. Film heroik ini menceritakan perjuangan Raja Gusti Panji bersama Panglima Ki Anjang Samad bersama rakyat untuk melawan penjajah Belanda di kawasan kerajaan Simpang pada masa itu. Saat ini wilayah Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat.   

Berselang satu hari, keesokan harinya, Selasa (12/10/2021) ditempat yang sama tim bioling BPNB Provinsi Kalimantan Barat mengadakan pemutaran film berjudul “Sekolah Rimba”. Hadir dalam kesempatan ini siswa/i SMA dan guru pendamping di Kabupaten Sambas. Dan malam terakhir pemutaran film, Rabu (13/10/2021) dihadiri oleh mahasiswa yang ada di Kabupaten Sambas. Di tempat yang sama mereka menyaksikan film “Air Mata Terakhir Bunda”.

Tidak lupa di akhir pemutaran film, tim bioling BPNB Provinsi Kalimantan Barat menyediakan doorprize. Dooprize tersebut nantinya akan diberikan kepada siapa yang beruntung. Tampak pada pembagian doorprize, kegembiraan sangat terlihat dari yang mendapatkannya. Dan mereka juga berharap agar pemutaran film ini dapat dilaksanakan kembali dengan film yang berbeda dan tentunya lebih menarik.