Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

0
271
Jalan Santai Semarakkan Merdeka Belajar, pada Minggu (14/5/2023)

Mei merupakan bulan penting dalam sejarah pendidikan Indonesia, dimana melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 ditetapkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tanggal 2 Mei. Hal ini adalah wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Surat Edaran Nomor 11 tahun 2023 mengimbau seluruh unit kerja pusat maupun daerah untuk menyelenggarakan “Jalan Sehat” sebagai salah satu rangkaian dalam menyemarakkan peringatan Hardiknas 2023.

Tamu Undangan Jalan Santai
Sambutan Wakil Walikota Pontianak, Bahasan SH
Pelepasan Jalan Santai oleh Wakil Walikota Pontianak

Enam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek di Kalimantan Barat, meliputi Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Pontianak, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat (BPMP Kalbar), Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XII (BPK Wilayah XII), Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Barat (BGP Kalbar), dan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat, berkolaborasi demi suksesnya kegiatan yang dilaksanakan serentak se-Indonesia pada 14 Mei 2023.

Jalan Santai Semarakkan Merdeka Belajar
Jalan Santai Semarakkan Merdeka Belajar

Wakil Walikota Pontianak, Bahasan, S.H., mengangkat bendera pada pukul 06.30 WIB menandai dimulainya kegiatan yang diikuti lebih dari 1200 orang pegawai UPT Kemendikbudristek serta pelajar dan pendidik penerima manfaat kurikulum Merdeka Belajar. Peserta dengan kaos Merdeka Belajar berkumpul di Taman Sepeda, berjalan menuju Jalan Ahmad Yani, belok ke BLKI, ke Jalan Imam Bonjol, kembali ke kawasan Universitas Tanjungpura, dan berakhir di Taman Sepeda. Di garis akhir (finish) peserta memasukkan kupon hadiah lawang (doorprize) yang sebelumnya dibagikan oleh panitia.

Persiapan Tari Jepin Massal Oleh Seluruh Peserta Jalan Santai
Permainan Tradisional
Cek Kesehatan Gratis

Sembari menunggu peserta berkumpul kembali, sebagian peserta tampak menikmati berbagai permainan tradisional seperti bakiak, engrang, gasing, dan tempurung kelapa. Tari Jepin massal oleh seluruh peserta dan pembagian hadiah lawang (doorprize) dengan hadiah utama satu unit sepeda listrik semakin memeriahkan kegiatan Jalan Sehat.

Pemenang Doorprize Hadiah Hiburan
Pemenang Doorprize Hadiah Utama

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan semangat positif dan menjadi agenda tahunan yang ditunggu oleh seluruh bagian Kemdikbudristek.