Berekspresi Lewat Kesenian dalam Pekan Seni Budaya yang Digelar BPNB Kalimantan Barat Tahun 2020

0
607

Pekan seni budaya merupakan salah satu bentuk implementasi pelestarian budaya yang memiliki fokus untuk menyajikan, menghadirkan dan memprakarsai pelaku seni dalam rangka pelestarian budaya. Berkaitan dengan hal tersebut, sesuai dengan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,  dalam rangka untuk melindungi, memanfaatkan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia, Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalimantan Barat mengadakan kegiatan yang bertajuk “Pekan Seni Budaya BPNB Kalimantan Barat Tahun 2020”.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberi ruang berekspresi bagi para seniman dan generasi muda di masa pandemi ini digelar pada tanggal 12-14 Desember 2020, bertempat di BPNB Kalimantan Barat. Akibat wabah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, maka Pekan Seni Budaya BPNB Kalimantan Barat Tahun 2020 ini dilaksanakan dengan model perekaman yang melibatkan beberapa seniman yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Barat, yang meliputi Group yang berkiprah di bidang seni dan budaya seperti Group Syair, Hadrah, Fragmen, Pembaca Puisi, Tanjidor, Pantun, Sanggar Tari, dan Musik.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap yaitu outdoor dan indoor ini mengangkat tema “Pelestarian Seni Budaya di Tengah Pandemi”. Pagelaran seni yang ditampilkan itu dilakukan untuk pengambilan gambar. Dalam pengambilan gambar ini, dilaksanakan dalam dua lokasi yang berbeda yaitu Aula di gedung utama lantai 2 dan halaman belakang BPNB Kalimantan Barat.