SOSOK DI DALAM BONEKA ONDEL-ONDEL
Oleh:
Ria Intani T.
(BPNB Jabar)

Boneka Ondel-Ondel
Dok. BPNB Jabar

Ondel-ondel merupakan boneka raksasa. Boneka Ondel-ondel hanya bisa bergerak apabila ada yang menggerakkannya. Penggeraknya adalah orang yang mengusung boneka Ondel-ondel. Siapa mereka? sampai saat ini pengusung boneka Ondel-ondel masih didominasi kaum laki-laki. Hal ini tidak mengherankan mengingat bobot boneka Ondel-ondel cukup berat. Boneka Ondel-ondel mempunyai beban berat berkisar 20-25 kg.
Selain laki-laki, pengusung boneka Ondel-ondel sebaiknya juga mempunyai postur tubuh yang tinggi mengingat boneka Ondel-ondel cukup tinggi. Ketinggiannya berkisar 2.5 m dengan diameter tubuhnya berkisar 80 cm. Selain itu, pengusung boneka Ondel-ondel juga harus mempunyai stamina yang prima. Sebabnya, seorang pengusung harus mampu mengusung boneka Ondel-ondel sambil berjalan dan sambil sesekali menggerakkan boneka tersebut layaknya seperti menari mengikuti irama musik.

Pengusung Boneka Ondel-Ondel
Dok. BPNB Jabar

Walaupun, gerakan badannya ”hanya” maju-mundur, ke samping kiri dan kanan, atau memutar. Kalaupun gerakan badan boneka terbatas, namun tangan boneka Ondel-ondel bisa bergerak bebas karena dipegang langsung oleh pengusungnya.
Salah satu gerakan yang memerlukan tenaga ekstra bagi pengusung boneka Ondel-ondel adalah pada saat mengikuti irama musik yang cepat dan dinamis. Seirama dengan musiknya, di sini Ondel-ondel harus pula bergerak cepat sambil berputar-putar.
Tidak ada spesialisasi untuk pengusung boneka Ondel-ondel. Artinya, pengusung boneka Ondel-ondel bisa bertukar peran dengan pemain musik pengiring. Meskipun demikian, pertukaran ini harus memenuhi kriteria sebagai seorang pengusung, setidaknya staminanya prima. Sebagaimana boneka Ondel-ondel yang berpasangan maka jumlah pengusung boneka Ondel-ondel pun dua orang. Namun demikian dalam setiap tampilan diperlukan cadangan minimal dua orang pula. Cadangan ini diperlukan karena seorang pengusung boneka Ondel-ondel rata-rata hanya mampu mengusung boneka Ondel-ondel sekitar 15 menit dan maksimal 30 menit. Bukan saja karena bobot bonekanya, melainkan juga karena udara di dalam badan boneka itu panas.


Generasi Muda di Salah Satu Sanggar yang Terlibat dalam Kesenian Ondel-ondel
(Dok. BPNB Jabar)

Usia pengusung boneka Ondel-ondel di suatu sanggar ada kalangan remaja, mereka duduk di bangku SMP dan SMA. Keterlibatan generasi muda tersebut selain faktor keturunan, juga lingkungan. Selain merupakan anggota keluarga pegiat Ondel-ondel, juga anak-anak muda yang ada di lingkungan sekitarnya. Mereka bahkan bukan saja orang Betawi, melainkan ada orang Jawa, Padang, dan Batak. Awalnya mereka sekadar coba-coba, kemudian merasa asik memainkan.

TINGGALKAN KOMENTAR