Siswa SMK PGRI Subang Tonton Film bertema kebudayaan

0
497

Bertempat di SMK PGRI Subang, film bertema kebudayaan yang ditampilkan dalam kegiatan Penayangan Film dan Diskusi Nilai Budaya digelar pada tanggal 29 Januari 2019 oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat.
Dua tokoh budaya yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kang Odang dan Mang Ayi. Keduanya memiliki spesifikasi keahlian yang berbeda. Odang Banceuy adalah nama panggilan yang ditujukan kepada Odang Somyang, seorang tokoh budaya masyarakat Kampung adat Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Beliau dalam kegiatan tersebut memaparkan tentang potensi adat banceuy. Sementara Mang Ayi bercerita rinci tentang seluk beluk Carita Pantun sebagai salah satu kekayaan budaya khas Kabupaten Subang.

Dua buah film yang ditayangkan dalam kegiatan tersebut bercerita tentang potensi budaya subang dan film yang membahas tentang carita pantun di Subang. Selama film ditayangkan, Kang Odang dan Mang Ayi memberikan tambahan penjelasan pada kedua film tersebut. Sesi setelah penayangan film, yaitu diskusi nilai budaya, dilakukan dalam bentuk tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Antusias siswa PGRI Subang tampak dalam sesi tersebut. Beberapa di antaranya bahkan ada yang belum mengetahui secara lengkap dua buah kekayaan budaya Subang tersebut.

Utamanya carita pantun, masyarakat Subang sendiri hampir tidak mengenalnya. Padahal, carita pantun adalah salah satu kekayaan budaya yang sudah masuk dalam kategori warisan budaya takbenda memang keberadaanya sudah diambang kepunahan. Oleh karena itu, kegiatan Penayangan Film dan Diskusi Nilai Budaya yang diselenggarakan oleh BPNB Jawa Barat diharapkan dapat memberi masukan dan inspirasi kepada siswa untuk lebih giat dalam pemahaman dan pelestarian kekayaan budaya di wilayah mereka. (irvan)

TINGGALKAN KOMENTAR