You are currently viewing Langit Pangandaran Semarak dengan Layang-layang

Langit Pangandaran Semarak dengan Layang-layang

PARIGI – Sebanyak 150 layang-layang diterbangkan di Lapangan Katapang Doyong, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Minggu (25/5/2014). Langit Pangandaran pun berubah seketika menjadi berwarna oleh beragam layang-layang.
Mereka yang menerbangkan layang-layang itu adalah para peserta Jejak Tradisi Daerah. Kegiatan itu diikuti 150 siswa dan guru SMA sederajat yang ada di Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta dan Lampung.
Sebelum diterbangkan, para peserta terlebih dahulu melukis layang-layangnya. Lukisannya pun beragam. Ada yang bergambar pemandangan laut, ikan, hingga lukisan abstrak.
Dikatakan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Bandung Toto Sucipto, melukis dan menerbangkan layang-layang itu merupakan rangkaian dari Jejak Tradisi Daerah.
“Setelah kemarin kita ke Kampung Nelayan Babakan, kini peserta mempelajari cara membuat layang-layang, melukis, hingga menerbangkannya,” jelasnya.
Ketika para siswa menerbangkan layang-layang, warga juga wisatawan yang ada di dekat lapangan tampak asyik menyaksikan langit Pangandaran yang dihiasi layang-layang. (Mohamad Ilham Pratama/A-147)***