You are currently viewing Bimbingan Teknik Pengelolaan Data Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi

Bimbingan Teknik Pengelolaan Data Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi

WP_20150423_08_21_21_Pro SLIM

Dalam rangka mendukung tercapainya pemerataan dan perluasan akses pendidikan dan kebudayaan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan dan kebudayaan, serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik, diperlukan sistem dan teknologi informasi secara terpadu yang mampu meningkatkan pelayanan dan mendukung penyediaan informasi dan pelaporan bagi penentu kebijakan pendidikan dan kebudayaan. Direktorat Pembinaan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui pengelolaan data membuat suatu sistem informasi pengelolaan data untuk menghimpun semua data kepercayaan dan tradisi dengan menggunakan sistem online.

Sistem online milik Direktorat Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dan Tradisi beralamat di rahayu-pkt.ddns.net bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses pengumpulan data dari 11 wilayah BPNB. Petugas penginput diharapkan harus mempunyai komitmen dan tanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya sehingga data kepercayaan dan tradisi dapat terhimpun dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Data Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 22-24 April 2015, bertempat di Hotel Golden Butik, Jl. Melawai No. 6-8, Blok M, Jakarta Selatan. Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari SubDit di bawah Direktorat PKT dan seluruh BPNB (Setiap BPNB diwakili oleh 2 orang).

Data-data yang harus di-input antara lain: Data cerita rakyat, kain tradisional, pakaian tradisional, permainan tradisional, tarian tradisional, upacara tradisional, makanan dan minuman tradisional, ungkapan tradisional, arsitektur tradisional, senjata tradisional, organisasi penghayat kepercayaan dan komunitas adat.

Untuk saat ini, setelah adanya masukan dari para peserta, pihak pengelola website melakukan revieuw dan perbaikan baik dalam segi tampilan maupun form pengisian data demi terciptanya kelengkapan dan kemudahan pencarian data kepercayaan dan tradisi.