You are currently viewing Abah Jamhari Sakti : Pembuat Golok Pusaka Cilegon

Abah Jamhari Sakti : Pembuat Golok Pusaka Cilegon

Abah Jamhari Sakti : Pembuat Golok Pusaka Cilegon
Oleh:
Ani Rostiyati
(BPNB Prov. Jabar)

Siapa yang tidak mengenal Jamhari Sakti dari Cilegon, seorang seniman yang ahli membuat berbagai macam golok, salah satunya golok sakti yang disebut dengan golok pusaka Cilegon. Golok Pusaka Cilegon ini menjadi ikonik kota Cilegon yang sering dipamerkan dalam festival golok di Cilegon. Golok Cilegon mempunyai keunikan dan kekhasan dalam bentuknya, yakni berbentuk huruf C dan mata golok bagian yang tajam masuk ke dalam. Bentuk golok ini memiliki arti bahwa pemiliknya membela diri, membela keluarga dan membela Negara. Golok tersebut bukan untuk menyerang lawan tetapi untuk membela diri dari serangan lawan dan bukan untuk menyerang yang lemah, tetapi lebih untuk membela diri dari serangan musuh yang datang. Jawara menajadi sosok yang bukan menakutkan atau ditakuti oleh masyarakat, tetapi jawara yang menjadi sosok penengah bagi masyarakat dan melindungi orang dari serangan musuh.
Pada golok Pusaka Cilegon terdapat beberapa bagian yakni : serangka, gagang golok (pegangan golok), dan besi golok (bagian tajam sebuah golok). Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat golok Cilegon lebih khusus yakni terdiri dari 7 P (pahat, palu, pacul, patuk, per, paku, dan pipa). Golok pusaka ini dibuat oleh kesepuhan pendiri perguruan penca silat Beruu Sakti, yaitu Abah Jamhari yang berumur 65 tahun. Tempat pembuatan golok di rumah Abah Jamhari di kampung Penauan Kel. Cigading kecamatan Ciwandan.

Kekhasan mengenai golok Cilegon ini adalah gagang golok berbentuk macan. Hal ini di maksudkan karena bagi pendekar Cilegon yang merupakan basis peguron aliran silat asli bandrong, macan merupakan simbol jika menginginkan sesuatu tidak akan berhenti berjuang sampai keinginan itu didapat. Makna lainnya yakni bahwa macan adalah sosok hewan yang disegani oleh para kaum binatang, dalam hal ini para pesilat dan jawara Banten menjadi sosok yang disegani dan mampu melindungi masyarakat dari ancaman dari luar maupun dari dalam.
Pembuatan golok di Cilegon ini sudah ada sejak tahun 1980. Ukuran dari golok Cilegon sendiri mempunyai panjang sekitar 44cm lebar 4cm, panjang gagang golok 10 cm, dan panjang bilah atau besinya 34 cm. Bagian utama dari golok ialah bilah. Bilah golok dimulai dari bagian ekor sampai pangkal untuk tempat golok. Badan bilah terdiri dari perut, yaitu bagian sisi tajam dan bagian yang tumpul dinamakan punggung. Adapun Serangka (sarung golok) berukuran panjang 34,5cm dan lebar 11cm. Pada bagian serangka terdapat garis-garis yang dibuat sengaja oleh pembuatnya, garis-garis itu membuat unik dan kencang serangka golok. Adapun golok Cilegon ini awalnya merupakan alat perkakas kreasi yang dibuat oleh tokoh kesepuhan silat asal Cilegon yang bermaksud untuk mempersatukan dan mewarisi semangat perjuangan kemerdekaan masa lampu.

Leave a Reply